Rokok Palsu : Bungkus Sama Persis, Ternyata Ini Yang Membedakan
Tim gabungan mengamankan rokok HJS palsu di Kecamatan Sumber.
Tim gabungan mengamankan rokok HJS palsu di Kecamatan Sumber.

Sumber – Rokok palsu ditemukan beredar di wilayah Kabupaten Rembang, saat tim gabungan menggelar razia.

Salah satunya di Kecamatan Sumber. Ada temuan 50 an bungkus rokok HJS, yang seharusnya memakai pita cukai rokok filter, tapi justru menggunakan pita cukai rokok kretek, sehingga hal itu masuk kategori ilegal.

Salah satu penjual rokok, Alip mengaku baru tahu ternyata rokok tersebut dipalsukan. Setelah terkuak, ia memutuskan untuk meminta pertanggungjawaban dari sales yang mengirim barang.

“Ada perbedaannya ternyata. HJS yang asli, pakai pita cukai untuk rokok filter, bentuknya kotak. Sedangkan yang cukai panjang untuk kretek. Baru tahu kali ini, soalnya bungkusnya sama persis. Nanti saya minta ganti dari sales kalau gitu,” kata Alip.

Likan Yudistira, dari Kantor Bea Cukai Kudus mengatakan penempelan pita cukai yang tidak sesuai peruntukan, diduga pelaku usaha ingin menghindari pembayaran pajak.

“Ada juga rokok resmi (legal) yang dijual, pita cukainya dilepas dan ditempelkan ke rokok yang baru. Ada indikasi agar pabrik tidak membayar pajak lagi,” ungkapnya.

Likan menimpali saat operasi penertiban di Kabupaten Rembang menjelang akhir bulan September lalu, pihaknya mengamankan 380 batang rokok ilegal dan 58 keping pita cukai bekas, yang dijual kembali.

“Semua kita amankan ke kantor Bea Cukai dan akan kita musnahkan,” pungkas Likan. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan