Event Kejurkab Panahan, Ada Kejutan
Para pemenang dari berbagai nomor foto bareng, usai penyerahan piala. (Foto atas) Suasana lomba di kelompok umum berlangsung cukup menegangkan, hari Sabtu (25/11).
Para pemenang dari berbagai nomor foto bareng, usai penyerahan piala. (Foto atas) Suasana lomba di kelompok umum berlangsung cukup menegangkan, hari Sabtu (25/11).

Sulang – Sebanyak 87 peserta mengikuti Kejuaraan Panahan tingkat Kabupaten Rembang yang berlangsung di lapangan SMA N Sulang, hari Sabtu (25 November 2023).

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Rembang, Nurcahyo Adi Prasetyo menjelaskan para peserta terbagi dalam berbagai nomor.

“Harapannya bisa berlangsung tiap tahun. Kegiatan ini yang kedua kali,” tuturnya.

Ia mengamati pada event kali ini, mayoritas peserta sudah menggunakan peralatan standar lomba. Berbeda dengan pagelaran tahun kemarin, rata-rata masih peralatan seadanya.

“Mulai standar semua untuk yang tahun ini, sesuai harapan kita, sehingga menyesuaikan dengan event-event di tingkat provinsi. Kami juga sudah kirim 2 pelatih ikut penataran ke Semarang dan sudah punya lisensi kepelatihan,” kata Nurcahyo.

Nurcahyo menambahkan sebenarnya minat masyarakat untuk mengikuti olahraga panahan di Kabupaten Rembang tergolong tinggi.

Namun kendala utamanya adalah harga peralatan relatif cukup mahal. 1 set panahan standar lomba, menurutnya perlu biaya minimal sekira Rp 6 Juta.

“Satu set Rp 6 Juta, itu minimal standar lho ya. Yang jenis riket sampai Rp 20 Juta, sedangkan untuk compound bisa sampai Rp 50 Juta. Kalau tidak ada dukungan orang tua, ya sulit,” terangnya.

Meski demikian ia berharap olahraga panahan akan semakin dikenal masyarakat dan bertambah banyak atlet yang bergabung.

“Soalnya piagam penghargaan lomba, bisa dipakai untuk mencari sekolah dan kuliah,” beber Nurcahyo.

Hasil perlombaan, masing-masing untuk juara 1 nomor SD PVC 10 Meter putra direbut Daffa Ibnu Hafids dari SD Al-Ikhsan, SD PVC 10 Meter putri diraih Kiara Salsabila Khairunnisa dari SD Al Furqon, kemudian SMP PVC 15 Meter putra Aftaya Fadil Maulana dari SMP Al Kahfi Rembang, nomor SMP Standar Bow 20 Meter diraih Zahymadha Rakan Sayyidirja dari SMP Al Kahfi.

Untuk SMP Standar Bow 20 Meter putri Dite Muthia Izzati dari SMP N 2 Rembang.

Standar Bow Putri, juara 1 diduduki Yulia Salsa Nabila dari SMA N Sulang, Standar Bow Putra Faizal dari SMA N Sulang, Barebow Putra Yohanes Angga Yudha Bramono siswa SMA N Sulang. Barebow Putri, Neilsya Julian Nafflesia siswi SMA N Sulang.

Nomor Standar Bow Umum Putri 30 Meter, Dithe Muthia Izzati dari SMP N 2 Rembang menjadi yang terbaik, sedangkan Standar Bow Umum Putra 30 Meter ada kejutan, karena direbut seorang anak pelajar SD Al Furqon Rembang, Fahd Adhinata Pahlevi. Ia berhasil mengalahkan lawan-lawannya yang lebih dewasa. (Musyafa Musa).

News Reporter

4 thoughts on “Event Kejurkab Panahan, Ada Kejutan

Tinggalkan Balasan