Dua Lokasi Dituju, Demi Blangko KTP Elektronik!! Ribuan Pemohon Sudah Menanti
Warga mengurus e-KTP di kantor Dindukcapil Kabupaten Rembang.
Warga mengurus e-KTP di kantor Dindukcapil Kabupaten Rembang.

Rembang – Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang mengumumkan pembuatan KTP elektronik bisa dilayani lagi mulai hari Selasa (10 Januari 2023). Hal itu setelah instansi tersebut mendapatkan blangko e-KTP dari Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya, blangko e-KTP milik Dindukcapil Rembang habis sejak 12 Desember 2022 lalu.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Rembang, Suparmin menjelaskan masyarakat banyak yang menanyakan masalah tersebut, karena sistem penerbitan surat keterangan (suket) sebagai pengganti sementara e-KTP dihentikan oleh pemerintah pusat, terhitung per 5 Januari 2023 lalu.

Maka pihaknya pada hari Senin (09/01) mengerahkan tim berangkat ke Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, guna mengambil blangko e-KTP.

Selain ke Jakarta, ada pula tim yang ke Semarang, untuk meminjam (bon) blangko e-KTP, agar bisa lebih cepat melayani masyarakat.

“Hari Senin ini kami ke Jakarta dan Semarang dalam rangka memenuhi kebutuhan blangko E-KTP. Karena baru besok pagi sampai Jakarta, maka untuk memenuhi kebutuhan sementara kami bon blangko e-KTP di Dindukcapil Provinsi, jadi hari Selasa sudah bisa melayani pemohon e-KTP, ” jelas Suparmin.

Suparmin mengimbau masyarakat pemegang surat keterangan (Suket) di Kabupaten Rembang yang berjumlah 2.474 orang,  mau bersabar sampai Selasa (10/1/2023).

Ribuan warga pemegang suket di Rembang tersebut sudah mengajukan dokumen e-KTP, rata-rata sejak tiga pekan lalu. Suparmin menambahkan, Dindukcapil Rembang sudah mengajukan permohonan 13 ribu keping blangko E-KTP.

“Sesuai jumlah kebutuhan, kami mengajukan sebanyak 13.000 keping blangko e-KTP kepada pusat. Namun, belum tahu berapa yang akan disetujui oleh pusat, ” pungkasnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan