Dua Santri Tenggelam, 1 Dinyatakan Hilang
Situasi pencarian korban tenggelam di pinggir pantai Desa Kalipang Kecamatan Sarang, Jum’at (30/09).
Situasi pencarian korban tenggelam di pinggir pantai Desa Kalipang Kecamatan Sarang, Jum’at (30/09).

Sarang – Dua orang santri tenggelam, saat mandi di pinggir pantai utara Desa Kalipang, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, dekat dengan rumah makan Trio G, Jum’at (30/09) sekira pukul 07.00 Wib.

1 orang berhasil diselamatkan, sedangkan 1 santri lainnya, hingga Jum’at siang belum ketemu dan masih dalam proses pencarian. Keduanya merupakan santri pondok pesantren Al-Anwar II.

Santri yang selamat adalah Faza Ubaidillah (12 tahun), warga Kabupaten Ogan Komering Ilir Palembang, Sumatera Selatan, sedangkan yang dinyatakan hilang, Jauhari Ghoni (12 tahun) warga Desa Leran Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang.

Menurut keterangan sejumlah saksi di TKP kepada polisi, korban mandi di pantai bersama sejumlah rekannya. Posisinya berjarak sekira 50 an Meter dari bibir pantai. Melihat ada dua orang yang tenggelam, para santri berupaya menolong. Tapi hanya 1 yang bisa diselamatkan.

Kapolsek Sarang, AKP Pudjiono melalui Kepala Unit Reskrim Polsek Sarang, Aiptu Zaenal Abidin menjelaskan tiap hari Jum’at, akivitas di pondok pesantren libur, sehingga santri memilih bersantai di pantai. Kondisi ombak saat kejadian tidak terlalu besar, tapi tiupan angin lumayan kencang.

“Setelah kejadian tersebut, santri meminta pertolongan kepada warga sekitar dan informasinya diteruskan kepada pihak terkait, “ ungkapnya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Sri Jarwati menyatakan setelah menerima laporan, pihaknya langsung mengerahkan tim ke lokasi kejadian, bersama dengan petugas Basarnas.

“Perahu karet kita turunkan ke TKP untuk menyisir sekitar lokasi kejadian. Masyarakat juga ikut membantu. Semoga saja korban bisa ditemukan, “ tutur Sri.

Sri Jarwati mengimbau kalau masyarakat ingin mandi di pantai, sebisa mungkin mencari lokasi yang aman dan tidak terlalu jauh ke tengah. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan