SMK NU Lasem Buka Bengkel, Bupati Berpesan Soal Penghasilan
Bupati Rembang, Abdul Hafidz (tengah) hadir dalam peresmian bengkel teknik otomotif di SMK NU Lasem, hari Senin (06/12).
Bupati Rembang, Abdul Hafidz (tengah) hadir dalam peresmian bengkel teknik otomotif di SMK NU Lasem, hari Senin (06/12).

Lasem – SMK Nahdlatul Ulama (NU) Lasem resmi membuka bengkel pembelajaran teknik otomotif, hari Senin (06 Desember 2021), bekerja sama dengan PT. Nasmoco Pati.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan dalam menjalin kerja sama, harus menguntungkan kedua belah pihak.

Jika tujuan dari kerjasama tersebut untuk membentuk kemandirian siswa, menurutnya sangat bagus.

Pihaknya mewanti-wanti agar keuntungan dari kerjasama, jangan sampai mengganggu siswa dalam menempuh pendidikan. Jika siswa mendapatkan penghasilan dari keberadaan bengkel, dikhawatirkan siswa akan menjadi malas belajar.

“Biasanya anak sekolah kalau sudah dapat uang itu jadi malas-malasan untuk sekolah. Makanya harus ada garis pembatas, jangan sampai anak masuk di wilayah keuangan dari keuntungan kerjasama PT. Nasmoco dan SMK, ” tuturnya.

Bupati menambahkan untuk mendukung kerjasama yang sudah terjalin, pihaknya akan menginstruksikan agar mobil plat merah melakukan service di bengkel SMK NU Lasem.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK NU Lasem, Arif Dimyati mengatakan kerjasama dengan PT. Nasmoco dilatarbelakangi program Teaching Factory, yang artinya industri di sekolah. Sehingga lingkungan sekolah harus mampu dikemas, seperti layaknya pabrik atau bengkel.

“Kehadiran PT. Nasmoco di SMK NU Lasem ini tepat kalau disesuaikan dengan program pemerintah Teaching Factory. Sebenarnya Teaching Factory sudah diawali tahun 2019, namun dulu itu hanya sekedar kurikulum saja. Sekarang kita wujudkan dalam kerjasama yang lebih riil, konkrit dan menghasilkan, ” terang Arif.

Terkait pesan dari Bupati, keuntungan siswa bukan berupa uang. Melainkan memperoleh gratis makan, pembebasan SPP, atau keringanan biaya sekolah lainnya.

Pihaknya berharap dengan adanya kerjasama, akan membantu meningkatkan kompetensi siswa, sekaligus memberikan keuntungan secara finansial bagi SMK NU Lasem. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *