Tak Mengira, Bupati Terkejut Saat Mendengar Cita-Cita Siswi Ini
Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat berdialog dengan pelajar SMA N 3 Rembang, Rabu (19/02).
Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat berdialog dengan pelajar SMA N 3 Rembang, Rabu (19/02).

Rembang – Pengakuan seorang siswi SMA N III Rembang ini cukup mengejutkan, saat ditanya apa cita-citanya oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz, dalam kegiatan Talk Show Halo Bupati Spesial Bupati Mengajar, hari Rabu (19/02).

Siswi bernama Rida tersebut mengaku ingin menjadi pengusaha kuliner. Sontak Bupati Rembang, Abdul hafidz yang berdiri di sampingnya tersentak kaget. Bupati merasa bangga ketika mendengar ada remaja ingin berprofesi menjadi wirausahawan dan tidak selalu menggantungkan cita-cita sebagai pegawai negeri.

Hafidz menyebut di Kabupaten Rembang saat ini terdapat lebih dari 3 ribu orang mengabdi, dengan masa bakti bervariasi. Tapi negara belum mampu mengangkat mereka menjadi pegawai negeri, karena keterbatasan anggaran pemerintah.

“Saya nggak bangga ketika ada generasi pikirannya hanya jadi pegawai negeri atau aparatur sipil negara (ASN). Tadi saya dengar pengin jadi pengusaha kuliner, luar biasa. Sudah ini tak kasih uang Rp 200 ribu, beda dengan temenmu lain yang tadi tak kasih Rp 100 ribu, “ ujar Bupati disambut tepuk tangan meriah tamu undangan.

Hafidz berandai-andai apabila 3 ribu orang tersebut, diangkat pegawai negeri per tahun 200 orang, maka membutuhkan waktu sampai 15 tahun.

“Belum lagi yang nyusul baru-baru. Kalau adik punya pemikiran seperti itu (tidak jadi ASN-Red), layak diacungi jempol, “ ungkapnya.

Ia mengajak generasi muda merubah pola pikir. Anggapan sekolah dan kuliah harus jadi pegawai negeri, mesti dibuang jauh-jauh.

“Saya ingin membagi informasi dan inspirasi kepada generasi milenial yang jadi masa depan bangsa, sekolah jangan hanya jadi pegawai negeri. Jangan ya jangan, “ imbuhnya.

Setelah itu, Bupati Rembang menantang Rida untuk menyanyikan Yaa Lal Wathan, sebuah lagu yang sering dikumandangkan dalam acara Nahdlatul Ulama. Rida pun sukses menjawab tantangan tersebut, karena remaja dari Dusun Klumpit Desa Kedalon Kecamatan Batangan Pati ini ternyata hafal semua lirik lagu Yaa Lal Wathan.

Setiap kali program Bupati Mengajar, Abdul Hafidz biasa memberikan game kepada siswa untuk menyanyikan Yaa Lal Wathan, yang kental dengan semangat cinta tanah air. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *