Anggota Linmas Dimatangkan, Jelang Pilkades Serentak
Bupati Rembang, Abdul Hafidz, Senin (21/10) menyapa anggota Satlinmas yang akan bertugas dalam pengamanan Pilkades.
Bupati Rembang, Abdul Hafidz, Senin (21/10) menyapa anggota Satlinmas yang akan bertugas dalam pengamanan Pilkades.

Rembang – 300 an personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se Kabupaten Rembang, Senin (21 Oktober 2019) menerima arahan penting, dalam apel siaga menghadapi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 06 November mendatang.

Mereka berkumpul di halaman kantor Satpol PP, sebelah timur Clangapan-Rembang, langsung mendapatkan arahan dari Bupati Rembang, Abdul Hafidz. Hafidz menyatakan tahapan Pilkades harus berjalan sesuai rencana, disertai dengan kondisi keamanan yang tentram dan kondusif.

Menurutnya, Satlinmas memiliki peran penting untuk membantu aparat kepolisian dan TNI, dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Solusi Keluhan Lambung

“Pilkades dilaksanakan melalui tahapan persiapan, pencalonan, penetapan, tuju belas hari lagi merupakan tahapan pemungutan suara. Pemungutan suara harus berjalan dengan sukses yang artinya pelaksanaaan harus berjalan sesuai rencana yang telah dibuat oleh panitia, “ beber Bupati.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Rembang, Waluyo menyebutkan ada 25 anggota Satlinmas inti, dibagi ke kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2019 ini.  Sedangkan jumlah Satlinmas secara keseluruhan di Kabupaten Rembang mencapai 6000 ribu pasukan lebih. Mereka akan diterjunkan dari H-2 sampai H+2 setelah pemungutan suara.

“Anggota inti Satlinmas ada 25 orang, akan dibagi, kalau masing-masing TPS itu dari pihak desa. Saat ini sekitar ada 3000 TPS, sedangkan jumlah Linmas kami ada 6000 an. Akan mulai diterjunkan H-2 sampai H+2. Kalau Linmas inti yang membina Satpol PP, kalau desa ya di desa,” terang Waluyo.

Waluyo menambahkan Anggota Satlinmas yang dilibatkan dalam Pilkades, sudah mendapatkan pelatihan. Pembekalan dilakukan oleh desa masing-masing, dengan melibatkan tim gabungan dari Trantib kecamatan, Polsek dan Koramil setempat. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *