Minimal Dukungan 42.356 Calon Perseorangan, Diverifikasi Semua Atau Sampling ??
Komisioner KPU Kabupaten Rembang, Maskutin.
Komisioner KPU Kabupaten Rembang, Maskutin.

Rembang – Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju melalui jalur perseorangan (independen) pada Pilkada di Kabupaten Rembang, wajib menyerahkan syarat dukungan minimal sebanyak 42.356 pendukung dan tersebar setidaknya di 8 kecamatan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Maskutin menjelaskan angka tersebut diperoleh berdasarkan Undang-Undang No.10 tahun 2016 yang mengatur syarat dukungan bagi calon perseorangan, kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan KPU.

Jika di suatu daerah terdapat daftar pemilih tetap (DPT) antara 250 ribu – 500 ribu orang, maka syarat dukungan minimal sebanyak 8,5 % dari jumlah DPT.

Karena Kabupaten Rembang memiliki DPT 498.303 orang, sehingga 8,5 % nya ketemu angka 42.356.

“Sebaran dukungan harus 50 % lebih dari jumlah kecamatan. Karena di Kabupaten Rembang ada 14 kecamatan, sehingga sebaran dukungan minimal berada di 8 kecamatan,” terangnya.

Maskutin menambahkan syarat dukungan sebanyak itu ditulis dalam formulir B1 KWK dan dilengkapi dengan foto copy KTP elektronik pendukung. Selanjutnya diupload ke aplikasi pencalonan (Silon). Tahapan tersebut berlangsung antara tanggal 05 Mei sampai dengan 19 Agustus 2024.

“Sampai Selasa pagi (30/04), belum ada yang menghubungi kami untuk koordinasi maupun konsultasi, terkait calon perseorangan,” kata Maskutin.

Menurut wanita warga Desa Krikilan Kecamatan Sumber tersebut, apabila nantinya ada bakal calon perseorangan, KPU terlebih dahulu akan melakukan verifikasi administrasi.

Apabila memenuhi syarat, KPU selanjutnya menggelar verifikasi faktual dengan mengecek langsung kebenaran data ke semua pendukung.

“Semua kita verifikasi, tidak sistem sampling. Apabila saat diverifikasi ternyata menjawab tidak mendukung dan dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka bakal calon harus menggantinya,” pungkasnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan