Soal Pengganti Alm. Munir, Begini Penjelasan Ketua KPU Rembang
Ketua KPU Kabupaten Rembang, M. Ika Iqbal Fahmi.
Ketua KPU Kabupaten Rembang, M. Ika Iqbal Fahmi.

Pancur – Meninggalnya Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pancur, M. Sirojul Munir, hari Sabtu (05/12) membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang mendorong agar PPK Pancur lekas menggelar rapat pleno, untuk menunjuk ketua pengganti. Mengingat saat ini waktu pencobolosan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang 09 Desember, sudah semakin dekat.

Ketua KPU Kabupaten Rembang, M. Ika Iqbal Fahmi menuturkan saat ini ada 4 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Pancur. Mereka harus pleno dulu, untuk menunjuk ketua. Sedangkan kekurangan 1 personil, nantinya KPU akan melihat hasil tes ketika seleksi, beberapa waktu lalu.

Jika urutan 6 memenuhi syarat, maka akan dilantik KPU. Tapi kalau belum memenuhi syarat, akan diambilkan pada peserta ranking ke-7.

“Mekanismenya temen-temen PPK akan melakukan pergantian ketua lewat pleno, ditunjuk 1 ketua dan hasilnya diserahkan kepada KPU. Kan harus genap 5, jadi ranking di bawahnya saat seleksi dulu, naik jadi PPK. Sebelum Pilkada harus sudah terisi, “ bebernya.

M. Ika Iqbal Fahmi menambahkan meninggalnya Ketua PPK Pancur, tidak sampai mengganggu tahapan Pilkada di kecamatan tersebut. Meski demikian ia menganggap rapat pleno PPK Pancur lebih cepat lebih baik. Soal pergantian antar waktu (PAW) PPK Pancur, menjadi kewenangan pihak KPU Kabupaten Rembang.

“Kalau tahapan nggak terganggu, berjalan sesuai normal biasa. Tapi posisi ketua penting ya. Nanti untuk PAW, prosesnya di KPU, “ imbuh Iqbal.

Sebelumnya, M. Sirojul Munir, Ketua PPK Pancur yang juga reporter radio Mata Air meninggal dunia, Sabtu (05/12) sekira pukul 05.00 Wib, karena sakit. Ia masuk ke Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, Jum’at pagi, dalam kondisi sudah tidak sadarkan diri. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan