Debat Pasangan Calon Bupati Dan Wabup, Tak Lagi Gunakan Ruang Paripurna DPRD
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rembang.
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rembang.

Rembang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang merancang debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati secara virtual/online, pada akhir bulan November ini. Langkah tersebut untuk menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

Ketua KPU Kabupaten Rembang, M Ika Iqbal Fahmi, hari Selasa (10 November 2020) menyatakan saat ini pihaknya masih mencari 5 orang panelis yang akan dilibatkan dalam debat tersebut.

Sosok panelis diambil dari berbagai profesi, nantinya akan dikomunikasikan dengan tim kampanye pasangan calon, apakah sudah sesuai atau belum. Utamanya pertimbangan dari sisi netralitas dan kompetensi.

“Kita baru finalisasi cari panelis, terutama akademisi. Paling jauh dari Semarang ya. Nama-nama panelis itu kita komunikasikan juga dengan tim kampanye pasangan calon, biar nggak ada masalah, “ ujarnya.

Ika Iqbal Fahmi menambahkan lokasi debat tidak berlangsung di ruang paripurna gedung DPRD Rembang seperti debat Pilkada 2015 lalu. Tapi akan berlangsung di salah satu hotel, karena pihaknya ingin mencari suasana baru.

Lantaran diadakan secara virtual melalui kanal youtube dan radio di Kabupaten Rembang, harapannya masyarakat bisa mengakses dari rumah masing-masing. Jumlah undangan yang datang ketika debat juga dibatasi. Setiap pasangan calon, paling banyak didampingi 4 orang dari tim kampanye.

“Kita sewa ruang hotel, nanti diumumkan lagi kepastian tanggal dan tempat. Di dalam ruangan itu ya terbatas sekali, total paling hanya 12 orang, selain dari KPU dan Bawaslu, “ imbuh pria warga Desa Pamotan Kecamatan Pamotan ini.

Untuk siaran langsung TV selama debat, menurut Iqbal pihaknya masih menjajaki segala kemungkinan. Mengingat biaya siaran di TV tergolong cukup tinggi. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *