Saat Hari Pahlawan, Wabup Ungkap Penurunan Kemiskinan & Strategi
Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto memperingati Hari Pahlawan dengan berziarah ke makam RA. Kartini, Sabtu pagi.
Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto memperingati Hari Pahlawan dengan berziarah ke makam RA. Kartini, Sabtu pagi.

Rembang – Angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Rembang diperkirakan turun satu persen pada periode tahun 2018 ini.

Di sela – sela peringatan Hari Pahlawan yang jatuh tiap tanggal 10 November, Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto sekaligus sebagai Ketua Program Penurunan Kemiskinan, mengatakan target semula mampu turun 1,5 %, namun baru terealisasi 1 %. Meski demikian, penurunan kemiskinan kali ini terbilang cukup signifikan.

Ia menyadari untuk mengatasi kemiskinan tidak mudah, maka pihaknya mengajak semua elemen turut serta menjadi satu bagian dalam penurunan kemiskinan.

“1,5 persen itu tidak mungkin karena itu banyak komponen, tapi ini komponennya sudah kita gabung untuk menjadi satu bagian. Kita tidak lagi di peringkat ke lima, tapi naik satu sampai dua trap. Tidak bisa kita sampaikan hari ini, nanti akan kita sampaikan di akhir tahun,” jelas Bayu saat berziarah ke makam RA. Kartini, Sabtu (10/11/2018).

Bayu membeberkan berbicara angka kemiskinan, variablenya banyak. Ia meminta Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menyajikan data lebih rinci, agar dapat diselesaikan oleh segenap komponen, mulai dari Pemkab, hingga pemerintah desa.

“Kita tidak bisa menunjukkan satu persatu masalah tempatnya dimana. Yang kita ingin ketika dudukkan RPJMD dengan data presentase yang ada kita ingin menyasar langsung program yang ada. Baik PKH, RTLH, CSR dengan pihak ketiga, bahkan kita membuat program baru yaitu lanjut usia terlantar yang harus diselesaikan. Cuman kalau berbicara presentase, harapan kita ini harus keluar berapa persen. Kita tidak mau ini disain saja,” tambahnya.

Bayu mendorong melalui momentum Hari Pahlawan tanggal 10 November, dapat memicu rasa nasionalisme serta kepedulian masyarakat, utamanya bagi Kabupaten Rembang. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *