Seleksi PPK Pilkada Rembang, Puluhan Pelamar Tidak Datang Saat Tes Tertulis
Suasana tes tertulis calon anggota PPK Pilkada, di SMA N II Rembang, Senin (06/05).
Suasana tes tertulis calon anggota PPK Pilkada, di SMA N II Rembang, Senin (06/05).

Rembang – Sebanyak 246 orang mendaftar panitia pemilihan kecamatan (PPK) dalam Pilkada Rembang.

Rinciannya, laki-laki 246 orang dan perempuan 69 orang. Setelah melewati tahapan seleksi administrasi, ada 10 yang tidak memenuhi syarat, sehingga 236 orang berhak mengikuti tes tertulis dengan sistem CAT (computer assisted test) di SMA N II Rembang, hari Senin (06 Mei 2024).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, M. Ika Iqbal Fahmi menuturkan tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran, karena di setiap kecamatan, jumlah pendaftar sudah terpenuhi sesuai ketentuan, minimal dua kali kebutuhan atau paling tidak 10 pelamar.

“Jadi semua kecamatan sudah terpenuhi,” ungkapnya.

Menurut Iqbal, tidak ada prioritas bagi PPK yang bertugas saat Pemilu kemarin, karena seleksi bersifat terbuka. Tapi bisa saja hal itu menjadi bahan pertimbangan.

“Ada pengalaman atau tidak, kita samakan perlakuannya. Jadi memang ini ada seleksi ulang lagi. Bukan PPK kemarin secara otomatis berlanjut untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, nggak,” imbuh Iqbal.

Untuk nominal honor PPK masih tetap seperti Pemilu. Hanya saja yang membedakan, pada Pilkada dibiayai melalui anggaran Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan honor petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa, ditanggung anggaran kabupaten.

“Ketua PPK honornya Rp 2,5 Juta, untuk anggota Rp 2,2 Juta. Nominal masih sama seperti Pemilu kemarin. PPK Pilkada masa kerjanya 7 bulan,” terangnya.

Sementara itu, komisioner KPU Rembang, Khoirul Umam memperinci saat tes tertulis di SMA N II Rembang hari Senin (06/05), dihadiri 215 orang, sedangkan 21 orang tidak datang.

Nantinya ada 15 besar per kecamatan, berhak melanjutkan ke tahap berikutnya, tes wawancara antara tanggal 11 – 13 Mei 2024.

“Hasil dari wawancara, baru dipilih 5 orang terbaik untuk dilantik menjadi PPK pada tanggal 16 Mei 2024,” beber Umam. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan