Telan 9 Ekor Ayam, Ular Piton Perut Menggelembung Ditangkap
Syaiful Halim, personil Damkar Pemkab Rembang mengamankan ular piton dari dalam kandang milik orang tuanya sendiri, Senin (18/03).
Syaiful Halim, personil Damkar Pemkab Rembang mengamankan ular piton dari dalam kandang milik orang tuanya sendiri, Senin (18/03).

Pancur – Seekor ular piton ditemukan sudah menelan 9 ekor ayam, di Dusun Ngemplak Desa Kalitengah Kecamatan Pancur, Senin pagi (18 Maret 2024).

Lokasinya di dalam kandang ayam milik Sajad. Pagi itu, Sajad seperti biasa memberikan pakan ayam.

Ia merasa curiga, karena jumlah ayamnya berkurang cukup banyak. Setelah dicek, ternyata ada ular piton memangsa ayam miliknya di pojok kandang.

“Yang dimangsa 1 ekor ayam indukan dan 8 anak ayam,” ungkap Sajad.

Karena ukuran ular cukup besar, Sajad kemudian menghubungi salah satu puteranya, Syaiful Halim yang juga menjadi anggota Damkar Pemkab Rembang.

Menerima informasi tersebut, Syaiful Halim langsung bergegas ke Kalitengah.

“Saya kebetulan dari Pamotan, menuju Kalitengah. Ukuran ularnya besar, nggak ada yang berani nangkep,” bebernya.

Proses penangkapan relatif agak mudah, karena gerakan ular piton sudah lamban dan tidak begitu agresif, setelah perutnya menggelembung.

Sebelum kejadian ini, pada Minggu siang, ia juga menangkap ular kayu lumayan besar di depan rumah orang tuanya. Posisi ular berada di bawah mobil.

Menurut Syaiful, kemunculan ular besar dalam dua hari berturut-turut tidak mengherankan, karena lokasi perkampungan dekat dengan sungai dan sawah.

“Ular cenderung mencari tempat yang hangat, untuk bertelur, kemungkinan seperti itu,” imbuh Syaiful.

Setelah ditangkap, kedua ular tersebut selanjutnya dilepaskan ke alam bebas yang jauh dari permukiman penduduk. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan