Tanpa APBD, Kampung Ramadhan Keberpihakan Pemerintah Kepada UMKM
Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro’ membuka Kampung Ramadhan, Rabu sore (13/03).
Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro’ membuka Kampung Ramadhan, Rabu sore (13/03).

Rembang – Lebih dari 100 orang pedagang ikut meramaikan kegiatan Kampung Ramadhan di Jalan Dr. Sutomo Rembang.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Dan UKM Kabupaten Rembang, Mahfudz memperinci pedagang lama sebanyak 42, sedangkan pedagang baru mencapai 75 orang.

“Totalnya 117 orang, karena dari tahun ke tahun semakin bertambah. Paling banyak jual makanan dan minuman,” terangnya, saat pembukaan Kampung Ramadhan, Rabu sore (13/03).

Mahfudz menambahkan kegiatan ini tidak dianggarkan oleh APBD, sehingga pihaknya menggandeng berbagai kalangan, supaya bisa terlaksana.

“Pedagang yang ikut juga tidak dikenakan sewa lapak,” tandas Mahfudz.

Nantinya Kampung Ramadhan ini akan dikombinasikan dengan operasi pasar, menjual komoditas beras, daging ayam, telur, cabai, bawang merah dan bawang putih.

“Yang pasar murah baru hari Senin besok kita rapatkan, untuk kemudian kita ploting. Teknisnya akan bergantian tiap komoditas atau bagaimana, tapi yang jelas tujuannya menjual barang dengan harga lebih murah,” bebernya.

Dukungan Wabup Rembang

Sementara itu, Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro’ menyatakan Kampung Ramadhan merupakan bentuk keberpihakan pemerintah meningkatkan pendapatan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Biar kawan-kawan UMKM dapat menjajakan produk-produknya di Kampung Ramadhan, terutama takjil untuk berbuka puasa. Buka sore, selesai paling menjelang Isya’. Ini sudah rutin tiap tahun, bahkan sebelum saya menjabat,” kata Wakil Bupati yang biasa disapa Gus Hanies ini.

Wabup mendukung agar event semacam ini dapat terus dikembangkan, sehingga memudahkan masyarakat mencari menu berbuka puasa, sekaligus memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM.

“Produk-produknya ditambah agar lebih variatif. Tidak hanya takjil,” pungkas Gus Hanies. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan