Mengenal Wai Khru, Nomor Baru Dari Cabor Muay Thai Pada Porprov 2023
Maila Najwa, atlet Wai Khru asal Kabupaten Rembang saat tampil dihadapan juri, Rabu (2/8).
Maila Najwa, atlet Wai Khru asal Kabupaten Rembang saat tampil dihadapan juri, Rabu (2/8).

Rembang – Ada yang berbeda dari cabang olahraga (cabor) Muay Thai, pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2023 ini. Selain kategori fighter, ada nomor baru yang turut diperlombakan yaitu Wai Khru. Lalu apa itu Wai Khru?

Wai Khru sendiri semacam seni tarian bela diri Muay Thai, yang dalam perlombaannya akan saling beradu keindahan gerak. Nomor ini belum pernah diperlombakan pada Porprov tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Pengurus Daerah Muay Thai Provinsi Jawa Tengah, Hartono menjelaskan Wai Khru merupakan nomor seni dicabor Muay Thai. Dari informasi yang ia dapat, seni gerak Wai Khru pada awalnya hanya sebuah aktifitas yang dilakukan oleh petarung Muay Thai sebelum bertanding, agar tidak tegang.

“Asal usul Muay Thai ini tingkat seninya sangat tinggi. Wai Khru itu setelah saya tanya kepada orang- orang yang memahami Thailand sebenarnya fungsinya untuk merefresh sebelum pertandingan, menari-nari itu agar tidak sepaneng (terlalu fokus bertanding,-red), tidak ada beban mental,” ungkapnya.

Di nomor Wai Khru, atlet wanita Rembang diwakili Mailaa Najwaa, warga Dukuh Siman, Desa Sendangagung, Kecamatan Kaliori. Sedangkan atlet putra Wahyu Nur Isnaini, warga Desa Jatimudo, Kecamatan Sulang.

Ketua Pengcab Muay Thai Kabupaten Rembang, Musyafa mengatakan pada Porprov sebelumnya di Surakarta, Wai Khru belum diperlombakan. Dari segi persiapan, dua atlet nomor Wai Khru Rembang memiliki waktu yang berbeda.

Wahyu melakukan persiapan sudah sekira empat bulan yang lalu. Sedangkan Mailaa baru sekira dua bulan bergabung, namun cukup bagus dalam menyerap materi yang diberikan pelatih.

“Target untuk dua atlet ini bisa meraih medali.  Mudah-mudahan bisa menyumbangkan emas,” ujarnya.

Pada nomor Wai Khru, baik kategori putra maupun putri hanya diikuti oleh enam peserta. Yaitu dari Kabupaten Cilacap, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kota Salatiga dan Kota Semarang. Hasil penilaian juri dari nomor Wai Khru akan diumumkan pada Sabtu (5/7/2023) mendatang. (Wahyu Adhi).

News Reporter

Tinggalkan Balasan