Damkar Rembang Punya Armada Baru, Daya Semprot Lebih Besar
Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat mencoba truk Damkar yang baru, Selasa (1/8).
Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat mencoba truk Damkar yang baru, Selasa (01/08).

Rembang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang kini mempunyai 1 unit armada truk pemadam kebakaran baru berkapasitas besar. Jarak semprot armada tersebut diklaim bisa sampai 60 meter. Sedangkan tampungan airnya mencapai 5000 liter.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat launching truk pemadam yang baru, di Posko Damkar, Selasa (01/08), mengatakan dengan adanya truk pemadam baru yang lebih besar, harapannya bisa memaksimalkan kinerja petugas Damkar saat terjadi kebakaran. Apalagi jika kebakaran melanda bangunan gedung bertingkat, tentu bisa diatasi oleh armada tersebut.

“Rembang ini sudah mulai banyak gedung-gedung tinggi. Kalau misal ada kebakaran gedung tingkat 10 aja bisa dihandel ini,” ujarnya.

Hafidz menambahkan, demi meningkatkan pelayanan masyarakat saat terjadi kebakaran, Pemkab berencana melakukan pembangunan posko Damkar di Kecamatan Sedan. Dengan begitu, penanganan kebakaran di wilayah Rembang Timur bisa lebih cepat teratasi.

“Semua sarana prasarana akan kita siapkan. Mulai dari personil, armada sampai posko/garasi juga akan kita bangun. Kata Bu Kepala BPBD akan dianggarakan di APBD perubahan,” imbuh Hafidz.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Sri Jarwati, menyatakan pengadaan truk pemadam dengan kapasitas besar juga merupakan saran dan masukan dari personil Damkar. Mengingat truk pemadam yang sudah dimiliki hanya berdaya semprot 20 meter dan kapasitas airnya 3000 liter.

“Jadi memang banyak masukan dari temen-temen Damkar untuk pengadaan truk pemadam yang lebih besar,” ungkapnya.

Saat ini total truk pemadam yang dimiliki oleh Pemkab Rembang ada sebanyak 5 unit. Satu unit merupakan truk dengan kapasitas besar, sedangkan 4 unit merupakan truk berkapasitas kecil. (Diantoro/Wahyu Adhi).

News Reporter

Tinggalkan Balasan