Area Parkir RSUD Rembang Sering Penuh, Tempuh Sejumlah Solusi
Area parkir RSUD dr. R. Soetrasno Rembang.
Area parkir RSUD dr. R. Soetrasno Rembang.

Rembang – Masalah lahan parkir di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang menjadi perhatian, seiring dengan peningkatan kunjungan di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Rembang tersebut.

Pada hari-hari tertentu, kondisi parkir sampai penuh sesak, bahkan meluber hingga ke pinggir jalan di luar rumah sakit.

Kepala Bidang Pengembangan Dan Informasi RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, Nurdin Fahrudi menjelaskan pada awalnya total luas lahan parkir sekira 6 Ribu meter persegi.

Dengan jumlah karyawan rumah sakit sebanyak seribu orang, ditambah saat kunjungan pasien tinggi, ia membenarkan kondisi parkir penuh.

“6 Ribu meter persegi itu, dihitung dari gedung parkir depan yang 3 lantai, kemudian halaman dari timur depan sampai ke selatan. Saat hari-hari tertentu, harus kita akui sulit cari tempat parkir, “ tuturnya, Sabtu (21/01).

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada tahun 2022 kemarin, RSUD dr. R Soetrasno membangun tempat parkir 3 lantai lagi di bagian belakang (barat), khusus untuk sepeda motor pegawai rumah sakit. Lokasi parkir baru itu, diperkirakan mampu menampung 400 sepeda motor.

Jika mengacu layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Pemkab Rembang, bangunan parkir 3 lantai dialokasikan Pagu anggaran Rp 2 Miliar. Tapi setelah tender lelang yang dikerjakan pemborong dari Semarang, menghabiskan biaya sekira Rp 1,6 Miliar.

“Jadi sepeda motor karyawan rumah sakit yang semula gabung di depan, nanti akan dialihkan ke belakang. Untuk parkiran depan, dioptimalkan bagi masyarakat pengunjung rumah sakit, “ imbuh Nurdin.

Dengan penambahan bangunan baru, luas lahan parkir menjadi 7 Ribu meter persegi. Berdasarkan hitung-hitungan, sudah layak memenuhi rasio standar.

“Kan lahan rumah sakit terbatas ya. Setelah penambahan bangunan 3 lantai, ada rumusnya itu, jadi ruang parkir kita sudah mencapai 25 %. Hitung-hitungan di atas kertas memenuhi rasio ideal, “ terangnya.

Belum lagi, ada tambahan parkir yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabongan Kidul, Rembang di sebelah barat rumah sakit. Menurutnya, pihak rumah sakit juga merasa terbantu dalam pemenuhan kebutuhan lahan parkir.

“Yang dikelola BUMDes Kabongan Kidul di bagian barat, untuk sepeda motor. Lahan luar rumah sakit bagian selatan paviliun Kartini, di pinggir jalan juga bisa untuk parkir mobil. Rumah sakit terbantu juga, “ pungkas Nurdin. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *