“Mangan Gedhen”, 2 Ribu Porsi Langsung Ludes
Warga Desa Dasun bakar ikan, kemudian disajikan kepada pengunjung secara gratis, Sabtu (10/12).
Warga Desa Dasun bakar ikan, kemudian disajikan kepada pengunjung secara gratis, Sabtu (10/12).

Lasem – Dua ribu porsi makanan gratis ludes diserbu masyarakat, dalam kegiatan bertajuk “Emak-Emak Membumbui Nusantara” di Pantai Dasun Kecamatan Lasem, hari Sabtu (10/12).

Hanya dalam tempo kurang dari 20 menit, porsi makanan sebanyak itu tak tersisa, karena pengunjung membludak.

Sejak pagi hari, ibu-ibu warga Desa Dasun sudah sibuk memasak di pinggir pantai. Mulai bandeng merico, bandeng bakar, garang asem ikan, dempel udang dan aneka olahan lainnya.

Ambarini, seorang pengunjung dari Desa Pasedan Kecamatan Bulu mengaku pertama kali mendengar kabar kegiatan tersebut dari kakaknya. Ia kemudian mengajak salah satu anaknya ke Pantai Dasun, untuk rekreasi.

“Ini tadi ambil baneng bakar sama bandeng merico. Itung-itung berwisata, apalagi banyak hiburan juga,  “ tuturnya.

Kepala Bidang Bina Usaha Dan Peningkatan Daya Saing Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Rembang, Nurida Andante Islami menjelaskan kegiatan di Pantai Dasun untuk menyemarakkan Hari Ikan yang jatuh tiap tanggal 21 November dan Hari Nusantara tiap tanggal 13 Desember.

“Makanya muncul tema Emak-Emak Membumbui Nusantara, “ kata Nurida.

Salah satu tujuannya adalah menggaungkan kampanye gemar makan ikan, sehingga konsumsi makan ikan di Kabupaten Rembang akan semakin meningkat.

“Kita bisa optimalkan potensi sumber daya pesisir, untuk kesehatan sekaligus kesejahteraan masyarakat, “ tandasnya.

Nurida mengingatkan dulu pada masa VOC Belanda, Dasun menjadi pusat pelabuhan terkenal. Event semacam ini tepat untuk mengembalikan kenangan masa kejayaan Pelabuhan Dasun, sekaligus mengenalkan destinasi Pantai Dasun kepada masyarakat. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan