Goresan Seni Kaligrafi, Menjadi Bagian Kekuatan Branding Sekolah
Suasana Kelas Jurnalistik di SMP N I Sarang. (Foto atas) Seorang siswi SMP N I Sarang menunjukkan seni kaligrafi hasil karyanya.
Suasana Kelas Jurnalistik di SMP N I Sarang. (Foto atas) Seorang siswi SMP N I Sarang menunjukkan seni kaligrafi hasil karyanya.

Sarang – Seni kaligrafi menjadi salah satu unggulan SMP N I Sarang, karena banyaknya potensi anak-anak yang minat di bidang tersebut.

Kepala Sekolah SMP N I Sarang, Sudrajad mengungkapkan hal itu, di sela-sela kegiatan road show Kelas Jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rembang, Kamis siang (15/09).

Ia menyebut kebetulan lokasi sekolah berdekatan dengan sejumlah pondok pesantren. Selain santri menimba ilmu di pondok, mereka juga bersekolah di SMP N I Sarang.

“Siswa dari pondok pesantren sekitar, rata-rata berbakat di bidang seni kaligrafi. Makanya kita arahkan dan semacam menjadi branding bagi sekolah kami, “ tuturnya.

Sudrajad menambahkan perwakilan pelajar dari sekolahnya sudah berulang kali menjuarai lomba kaligrafi tingkat kabupaten maupun provinsi.

Potensi tersebut kemudian diimbangi dengan pembinaan intensif, melalui ekstra kurikuler.

“Yang jelas potensi-potensi mereka kita tindaklanjuti, biar terus bermunculan. Rutinnya esktra sepekan sekali, tapi kalau ada kejuaraan, siswa terpilih didampingi secara khusus, “ terang Sudrajad.

Seorang siswi 9 D SMP N I Sarang, Cindy Cahayaningrum termasuk salah satu pelajar yang belakangan ini menjadi andalan sekolahnya, mengikuti lomba seni kaligrafi.

Pelajar dari Desa Babaktulung tersebut mengungkapkan peran guru sangat membantu dalam mengembangkan potensi seni kaligrafi yang ia tekuni sejak bangku kelas V SD.

“Mulai dari buat sketsa, lalu ngecat tulisan, kemudian buat hiasan di pinggir, itu tantangannya. Saya sendiri sudah beberapa kali ikut kejuaraan di tingkat kecamatan, kabupaten sampai provinsi, “ tutur Cindy.

Hasil karya kaligrafi Cindy sempat ditunjukkan saat berlangsung Kelas Jurnalistik, yang diisi oleh pemateri Mukhammad Fadlil wartawan detik.com (teknik cepat menulis berita) dan Musyafa Musa wartawan rcti – iNews tv (mengemas video, memperkuat media sosial).

“Saya kira talenta ini yang menarik terus dipoles, diperkuat untuk branding sekolah. Lebih-lebih sebagai sarana dakwah juga, insyaallah akhiratnya dapet, “ kata Musa. (Musyafa Musa).

News Reporter

3 thoughts on “Goresan Seni Kaligrafi, Menjadi Bagian Kekuatan Branding Sekolah

  1. Alhamdulillah n maturnuwun atas terlaksananya kegiatan Kelas Jurnalistik ke-4 di SMPN 1 Sarang. Baarokalloh untuk semuanya, aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *