Jelang Pemberlakuan MyPertamina, SPBU Ditarget 3 Orang/Hari
Operator SPBU Gajah Mada Rembang membagikan selebaran cara mendaftar subsidi tepat MyPertamina kepada pemilik mobil, hari Jum’at (05/08).
Operator SPBU Gajah Mada Rembang membagikan selebaran cara mendaftar subsidi tepat MyPertamina kepada pemilik mobil, hari Jum’at (05/08).

Rembang – Masyarakat terutama pemilik mobil didorong untuk segera mendownload aplikasi MyPertamina dan mulai mengujicobakan aplikasi tersebut, supaya nantinya ketika diberlakukan, tidak kebingungan.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Dan UKM Kabupaten Rembang, Moch. Mahfudz mengatakan saat ini memang konsumen di Kabupaten Rembang masih bisa membeli BBM subsidi, tanpa menggunakan aplikasi MyPertamina.

Namun sesuai informasi yang diperoleh dari otoritas terkait, bahwa penerapan aplikasi MyPertamina untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, akan diterapkan setelah sosialisasi yang berlangsung hingga akhir bulan Agustus 2022 ini.

Apakah nantinya sosialisasi dianggap sudah cukup atau akan diperpanjang, semua menunggu informasi dari Pertamina.

“Semua kewenangan dari Pertamina. Kalau kami sebatas melakukan fungsi edukasi dan pengawasan. Sosialisasi infonya sampai akhir Agustus ini, “ ungkapnya.

Mahfudz menambahkan meski masih ada rentang waktu agak lumayan, namun ia mengajak masyarakat aktif mengunduh aplikasi MyPertamina dan mencoba menggunakan.

Soal banyaknya pertanyaan dari masyarakat bagaimana kalau belum memiliki aplikasi, karena tidak punya HP android atau sebab lain, Mahfudz menyebut petugas (operator) SPBU memegang peranan penting.

“Kalau belum punya gimana, nah ini nanti yang memfilter langsung dari petugas SPBU, “ kata Mahfudz.

Mahfudz memperinci di wilayahnya terdapat 32 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), 4 lokasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), Pertasop 16 lokasi dan AKR 2 titik.

Sementara itu General Manager SPBU Gajah Mada Rembang, M. Iltizamussafii mengungkapkan saat ini pihaknya ditarget oleh Pertamina untuk mendaftarkan pembeli BBM subsidi dengan aplikasi MyPertamina, setiap hari sebanyak 3 orang.

“Jadi datanya kita update setiap hari, selama bulan Agustus ini. Khusus untuk MyPertamina sendiri masih sosialisasi terus, sambil nunggu instruksi selanjutnya, “ ucapnya.

Sementara ini, kebijakan aplikasi MyPertamina baru diterapkan untuk pengguna mobil, sedangkan sepeda motor belum.

Bagi anda yang ingin mendaftar, tempuh cara ini :

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yakni KTP, STNK, foto kendaraan dan dokumen pendukung lainnya
  2. Buka website mypertamina.id
  3. Centang informasi memahami persyaratan
  4. Klik daftar sekarang
  5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
  6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala
  7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina. (Musyafa Musa).
News Reporter

Tinggalkan Balasan