Daun Kelor Semakin Jadi Primadona, Di Mana-Mana Ramai Kampanye Ayo Gunakan Kelor
Sayur berbahan daun kelor bermanfaat untuk kesehatan. Saat ini olahan daun kelor semakin menjadi primadona meningkatkan gizi.
Sayur berbahan daun kelor bermanfaat untuk kesehatan. Saat ini olahan daun kelor semakin menjadi primadona meningkatkan gizi.

Rembang – Upaya menurunkan angka anak stunting akibat kurang gizi di Kabupaten Rembang, dikeroyok berbagai pihak. Tidak hanya Dinas Kesehatan yang terlibat, tetapi juga satuan kerja lain.

Hari Kamis (21 Juli 2022) misalnya, Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Rembang menggelar lomba cipta menu berbasis sumber daya lokal, yang melibatkan tim penggerak PKK maupun kelompok wanita tani dari 14 kecamatan.

Tujuannya, memberikan pemahaman kepada mereka seputar menu masakan yang bermanfaat bagi peningkatan gizi anak, sehingga terhindar dari masalah stunting.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Rembang, Joko Sukmono menuturkan menu yang disajikan tidak mesti mahal. Tetapi bahannya mudah didapatkan dan mempunyai kandungan gizi luar biasa.

Ia mencontohkan daun kelor, yang belakangan gencar menjadi sarana kampanye untuk mendongkrak gizi, karena kaya protein, zat besi dan beragam vitamin.

“Salah satunya daun kelor, seperti apa cara mengolahnya dan menyuguhkan kepada anak-anak. Nah, di sini mereka saling berkreasi. Kita berharap menu ini juga diterapkan di lingkungan keluarga masing-masing, “ terang Joko.

Sejatinya, angka anak stunting di Kabupaten Rembang terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Tahun 2021 sebesar 23 % dari total jumlah anak, kemudian turun menjadi 18 % pada tahun 2022. Namun pemerintah pusat menargetkan tahun 2024 mendatang, harus mampu ditekan hingga kisaran angka 14 %.

Pemkab Rembang mengoptimalkan tenaga pendamping di tingkat desa, agar melakukan langkah-langkah tepat, sehingga ibu rumah tangga teredukasi dengan baik, sejak hamil, melahirkan hingga anak pada masa pertumbuhan, betul-betul mendapatkan asupan gizi yang memadai. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan