Pesona Gua Bedug Semakin Lengkap, Dipadukan Dengan Wisata Religi
Gua Bedug di tengah hutan Dusun Telogo, Desa Karangasem, Kecamatan Bulu.
Gua Bedug di tengah hutan Dusun Telogo, Desa Karangasem, Kecamatan Bulu.

Bulu – Gua Bedug di kawasan hutan Dusun Telogo Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang layak menjadi wisata rintisan.

Selain karena pesona pemandangan alam, lokasinya juga berdekatan dengan wisata religi, makam Kyai Abdul Rahman, dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai tokoh penyebar agama Islam dari Kadipaten Lasem.

Humas KPH Mantingan, Ismartoyo menjelaskan potensi-potensi tersebut menjadi satu kesatuan. Meski untuk menuju lokasi belum bisa dijangkau sepeda motor, namun pengunjung tidak terlalu jauh berjalan kaki dari area parkir kendaraan.

“Kadang sudah ada peziarah yang datang ke makam Mbah Abdul Rahman, nanti digabungkan dengan pesona hutan alam. Syukur dapat dilengkapi selfie deck, sehingga lebih menjadi daya tarik, “ ujarnya, Selasa (11 Januari 2022).

Ismartoyo menambahkan sekira bulan November 2021 lalu, pengurus Karang Taruna Desa Karangasem Kecamatan Bulu sudah pernah berkomunikasi dengan pihak Perhutani.

Setelah itu, ditindaklanjuti dengan membuat nota kesepahaman bahwa jika wisata rintisan sudah siap, pengelolaan kedepan akan ditangani Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Menurutnya, masih ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, sebelum diajukan ke Direksi Perhutani.

“Ada syarat-syarat untuk menuju wisata rintisan, sehingga bisa kami ajukan ke direksi di satuan atas, “ imbuh Ismartoyo.

Sambil menunggu proses berjalan, pihak Perhutani mendorong masyarakat sekitar untuk ikut menjaga keberadaan Gua Bedug. Dinding gua yang terbentuk secara alami diharapkan tetap terjaga dan jangan sampai rusak oleh tangan-tangan jahil manusia. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *