Warga Dilatih Dulu, Setelah Itu Diberi Bantuan 15 Ekor Kambing Etawa
PHE Randugunting mengadakan kegiatan pelatihan dan penyerahan bantuan kambing di Desa Ronggomulyo, Kecamatan Sumber.
PHE Randugunting mengadakan kegiatan pelatihan dan penyerahan bantuan kambing di Desa Ronggomulyo, Kecamatan Sumber.

Sumber – Pertamina Hulu Energi (PHE) Randugunting menggelar pelatihan ternak kambing etawa di Pesanggarahan Alit Desa Ronggomulyo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, hari Sabtu (13/11/2021).

Upaya tersebut untuk membangkitkan kemandirian ekonomi dan meningkatkan kemampuan masyarakat, dalam mengelola peternakan kambing.

Seorang pelaku usaha ternak kambing dari Komunitas Kerabat Ternak, M. Syahroni menjadi pemateri latihan. Ia memaparkan bagaimana cara memilih bibit kambing, pembuatan kandang yang sehat, pemenuhan pakan, pemberian nutrisi serta pengendalian penyakit. Ada 30 an peserta yang mengikuti program pelatihan tersebut.

Achmad Setiadi, Sr Officer Communication, Relations & CID Zona 11 berharap dengan adanya pelatihan, bisa memberikan bekal ilmu untuk mengawali usaha ternak kambing, terutama yang akan dikelola oleh kelompok karang taruna setempat.

“Materi-materi pelatihan yang diberikan, saya rasa cukup bermanfaat ya, karena disampaikan oleh narasumber yang sudah berpengalaman di bidangnya, ” ujar Setiadi.

Tak hanya pelatihan, sebagai langkah awal, PHE Randugunting juga menyerahkan bantuan 15 ekor kambing etawa, untuk dikelola bersama oleh Karang Taruna dan masyarakat Desa Ronggomulyo.

Sementara itu, Kepala Desa Ronggomulyo Kecamatan Sumber, Sutar Abdurrahman Malik menyampaikan terima kasih kepada PHE Randugunting yang telah memberikan program pelatihan dan bantuan kambing kepada warganya.

“Tentu saja kami gembira atas perhatian dari PHE Randugunting, sehingga warga kami mendapatkan tambahan pengalaman. Semoga ini menjadi langkah awal, untuk kedepan lebih berkembang, ” kata Kades. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *