Pembetonan Jalan 2 Desa, Hasil Kolaborasi SG Peduli Dan FMM
Pembetonan jalan di Desa Tegaldowo, melalui program SG Peduli.
Pembetonan jalan di Desa Tegaldowo, melalui program SG Peduli.

Gunem PT Semen Gresik (SG) melalui program SG Peduli yang dikemas dalam kegiatan Forum Masyarakat Madani (FMM) menyalurkan bantuan senilai Rp 828 juta.

Nilai bantuan FMM kluster infrastruktur yang diserahkan ke Desa Kajar Kecamatan Gunem sebesar Rp 478.184.000, untuk membangun jalan beton sepanjang 380 meter. Sedangkan bantuan program FMM kluster infrastruktur di Desa Tegaldowo Kecamatan Gunem sebesar Rp 350 juta, guna membeton jalan sepanjang 288 meter.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR Semen Gresik, Dharma Sunyata menjelaskan, bantuan ini sebagai komitmen perusahaan untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur desa.

Betonisasi ini diharapkan menjadi daya ungkit ekonomi masyarakat, karena terbantu akses transportasi ketika melakukan aktivitas perdagangan dan jasa.

”Kami hadir dan peduli kepada masyarakat melalui bantuan pembangunan infrastruktur agar bisa dirasakan langsung manfaatnya. Harapannya, denyut ekonomi masyarakat juga bergerak kian cepat, ” kata Dharma dalam rilisnya, Rabu (18/08).

Menurut Dharma, pembangunan jalan di Desa Kajar mendesak karena merujuk dari hasil kajian dan rekomendasi tim independen UGM. Sebelumnya, melalui program CSR, pihaknya bermitra dalam pembangunan sarana air bersih di desa tersebut.

Sedangkan betonisasi di Desa Tegaldowo sangat penting, karena usulan langsung warga. Dananya diambilkan dari bantuan senilai Rp 1,5 miliar untuk program FMM yang berbasis partisipatif masyarakat dan padat karya di tahun 2021.

Dana FMM disalurkan ke desa-desa sekitar perusahaan, sebagai upaya percepatan pembangunan desa dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, ia juga berharap turut membantu membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan mendukung program pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19.

”Kami tetap melibatkan tenaga kerja masyarakat setempat sebagai upaya sinergi antara desa dengan perusahaan, untuk bersama-sama mendorong pemulihan ekonomi masyarakat pada masa pandemi ini, ” tandasnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan