Penyebaran Covid-19, Ini Dia Kecamatan Yang Menduduki Ranking 5 Besar
Penyemprotan disinfektan sampai ke gang-gang sempit di kawasan dalam kota Rembang.
Penyemprotan disinfektan sampai ke gang-gang sempit di kawasan dalam kota Rembang.

Rembang – Kasus kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Rembang terus merangkak naik, karena hampir setiap hari ada pasien yang menjalani perawatan di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang meninggal dunia.

Hari ini, Jum’at (11 Juni 2021) tercatat 3 pasien positif Covid-19 menghembuskan nafas terakhir, rinciannya bertempat tinggal di Kecamatan Rembang Kota, Kecamatan Sumber dan Kecamatan Bulu.

Kapolsek Bulu, AKP Roy Irawan mengatakan pasien yang meninggal dunia berprofesi sebagai sopir. Diduga terpapar Covid-19, setelah dari luar daerah.

Solusi Keluhan Lambung

“Hasil deteksi kami rata-rata pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, setelah melakukan aktivitas dari luar kota, “ terangnya.

Menurutnya, penyebaran lebih berkutat pada lingkungan keluarga. 1 orang kena tidak langsung terdeteksi, kemudian menyebarkan kepada anggota keluarga lain.

Pihaknya menekankan kalau sudah diketahui positif, maka harus dipisahkan ke ruangan lain atau menjalani isolasi mandiri secara ketat. Hal ini dibawah pantauan Satgas Desa, petugas Babinkamtibmas dan Babinsa.

“Kita selalu mengajak warga yang positif inisiatif berada di ruangan terpisah. Atas kesadaran sendiri, karena tim nggak mungkin bisa mengawasi 24 jam non stop, “ imbuh Kapolsek.

Sementara itu, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Rembang, Arief Dwi Sulistya membenarkan klaster yang ada sekarang mayoritas adalah klaster keluarga, lantaran dipengaruhi tingginya kontak erat.

Sedangkan klaster SMA Lasem dan klaster panti asuhan di Kecamatan Lasem sudah selesai. Menurut Arief, kewaspadaan masyarakat perlu ditingkatkan, karena hampir setiap hari terjadi kematian pasien Covid-19.

“Sementara ini klaster keluarga, jadi 1 positif, yang lain dites juga positif. Saya kira harus lebih waspada menegakkan protokol kesehatan, cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, “ tandasnya.

Arief menambahkan per hari Jum’at (11/06), kecamatan-kecamatan yang menduduki ranking 5 besar penyebaran Covid-19 yakni Rembang Kota, disusul Kecamatan Pamotan, Kaliori, Sulang dan Kecamatan Lasem. Untuk kecamatan paling sedikit pasien Covid-19, ditempati Kecamatan Gunem. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *