Kejutan Jelang Tahun Ajaran Baru, Yukk Kita Intip Suasana SD Rasa Kampus
Bangunan SD N Jadi, Kecamatan Sumber setelah direhab total.
Bangunan SD N Jadi, Kecamatan Sumber setelah direhab total.

Sumber – Menjelang tahun ajaran baru, siswa SD N Jadi, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang mendapatkan kado spesial dari pemerintah, melalui Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat.

Bangunan sekolah yang semula rusak berat, bahkan ada 1 kelas terancam ambruk, kini kondisinya berubah jauh lebih bagus, setelah dimake over total.

Sekira bulan Februari tahun 2021, proses rehab akhirnya selesai. Sekolah didominasi warna merah putih, selaras dengan warna bendera Indonesia.

Solusi Keluhan Lambung

Mengacu lelang online Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2020, rehab SD Jadi ini satu paket dengan 11 sekolah SD – SMP di Kabupaten Rembang dan Blora, dengan total nilai anggaran Rp 29,6 Miliar.

Tidak hanya 6 kelas yang dirombak, tetapi juga ruang guru, ruang kepala sekolah, paving halaman, pagar belakang, kamar mandi, maupun modifikasi kelas menjadi aula serba guna, yang disekat pembatas dengan sistem buka tutup. Di depan setiap kelas, dilengkapi pula tempat cuci tangan.

Sekolah yang berada di pinggir jalan raya Rembang – Sumber tersebut memiliki 160 an siswa. Sejak pandemi Covid-19 melanda, siswa lebih banyak menjalani pembelajaran daring atau online. Kebetulan pada waktu pembongkaran bangunan lama dan pembangunan gedung baru, siswa tidak masuk sekolah.

Begitu masuk untuk keperluan mengambil soal dan simulasi pembelajaran tatap muka, siswa pun terkejut, karena penampilan sekolah mereka sungguh jauh berbeda. Seorang siswi kelas V SD N Jadi, Lailatul Fitriyah mengaku senang, karena jika pembelajaran tatap muka dimulai, suasananya akan terasa lebih nyaman.

“Pangling, karena beda banget dengan yang dulu, “ tuturnya.

Pelaksana Tugas Kepala Sekolah SD N Jadi, Sajiman membenarkan saat rekanan melakukan pengerjaan, memang kualitasnya layak diandalkan. Apalagi penggarapan dipantau langsung oleh pengawas independen. Ia menilai bisa menjadi percontohan untuk proyek-proyek bangunan sekolah pada masa mendatang.

“Mulai dari pondasi sampai atap, semua diganti. Besi cornya besar-besar. Tentu saja kami sangat mengucapkan terima kasih, karena rehab seperti ini sudah kita tunggu lama, “ kata Sajiman.

Ketika selesai, banyak warga yang bertanya, bangunan itu akan dijadikan sekolah SMP atau SMA ? Ada pula yang menyebut SD rasa kampus, Sajiman pun tertawa. Ia sebatas berharap dengan bangunan baru, akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Jadi.

“Lama ndak lihat, tahu-tahu ada gedung baru, masyarakat maupun siswa ya seneng sekali. Ruang kelas bagus, kokoh, cuci tangan lengkap. Apalagi merah putih mendominasi, Indonesia banget rasanya, “ paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Rembang, Mardi menyampaikan selain SD Jadi, Kecamatan Sumber, ada 4 sekolah lain di Kabupaten Rembang yang menerima anggaran serupa. Meliputi SD Polbayem Kecamatan Sumber, SD Kerep Kecamatan Sulang, SD Tawangrejo Kecamatan Sarang dan SMP N II Sulang. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *