Ribuan Paket Lebaran Dibagikan, Kelompok Warga Ini Menjadi Prioritas Utama
Bupati dan Wakil Bupati Rembang menyerahkan bantuan kepada warga, Selasa (11/05).
Bupati dan Wakil Bupati Rembang menyerahkan bantuan kepada warga, Selasa (11/05).

Rembang – Profesi tukang becak dan sopir termasuk kelompok warga yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Hal itu karena situasi pandemi, mengakibatkan penurunan jumlah penumpang cukup signifikan.

Maka dua kelompok itu yang diprioritaskan Bupati dan Wakil Bupati Rembang, ketika membagikan 2.370 paket Sembako serta uang tunai di rumah dinas Bupati, Selasa siang (11 Mei 2021).

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan pihaknya mengajak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), menyisihkan dana CSR, untuk meringankan beban mereka.

“Ada Bank Jateng, BKK, PDAM, Bank Rembang, kemudian Rembang Migas Energi kita minta CSR nya untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu. Sasaran utamanya adalah tukang becak, sopir angkot, tukang ojek, maupun warga tidak mampu, “ tuturnya.

Tidak hanya mencakup wilayah Rembang Kota dan sekitarnya, bantuan serupa juga disebar ke berbagai wilayah kecamatan.

“Mulai Pamotan, Kragan, Lasem, Sarang, Sedan, “ imbuh Bupati didampingi Wakil Bupati, Mochamad Hanies Cholil Barro’.

Ia merasakan biasanya ketika menjelang Lebaran, pendapatan pelaku jasa tranportasi meningkat, karena ramai penumpang. Tapi setelah pandemi, menurun drastis. Apalagi pasca muncul larangan mudik dari pemerintah.

“Ibarat mau panen, malah dimakan hama wereng. Makanya kita ingin meringankan, “ papar Hafidz.

Selasa pagi, pihaknya juga menyerahkan bantuan kepada 180 an sopir di halaman kantor Dinas Perhubungan, sekaligus menyampaikan sosialisasi bahaya Covid-19.

“Biar ada pemahaman yang utuh, kenapa pemerintah melarang mudik. Supaya mereka juga tidak hanya mendengar isyu dan informasi yang tidak jelas sumbernya, “ pungkasnya.

Sementara itu, seorang penerima bantuan, Suparman mengaku tiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri selalu kebagian bantuan. Beras dan uang tunai akan digunakan untuk keperluan Lebaran keluarganya.

“Alhamdulilah, ndilalahe beras di rumah mau habis. Ini dapat bantuan. Saya do’akan pak Bupati pak Wakil Bupati sehat terus, berhasil memimpin Rembang tambah maju, “ ungkap tukang becak yang biasa mangkal di pojok Alun-Alun ini. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *