Tampil Lebih Fresh, Pasar Brumbung Punya Adik Yang Mengusung Ciri Khas Lain
Pasar Brumbung II, sebagai bentuk pengembangan Pasar Brumbung I di Desa Banggi Kecamatan Kaliori.
Pasar Brumbung II, sebagai bentuk pengembangan Pasar Brumbung I di Desa Banggi Kecamatan Kaliori.

Kaliori – Setelah melalui proses pembangunan selama dua bulan, Pasar Brumbung II di Dusun Randu Gosong Desa Banggi Kecamatan Kaliori akhirnya selesai dan siap dilaunching.

Sarjani dari pihak pengelola Pasar Brumbung, Selasa siang (05 Januari 2021) menjelaskan Pasar Brumbung II memiliki konsep yang berbeda, karena mengusung kuliner makanan nusantara, dari berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan “sang kakak” Pasar Brumbung I, lebih banyak menjajakan kuliner tradisional khas Kabupaten Rembang.

“Kita bedakan konsepnya. Pasar Brumbung II terdapat 36 lapak, yang sudah siap 18 lapak. Sisa 18 lapak lainnya diselesaikan tahap berikutnya, “ ujarnya.

 

Sarjani menambahkan tujuan didirikannya Pasar Brumbung II, selain untuk memecah konsentrasi kerumunan pengunjung, juga diharapkan mampu melibatkan lebih banyak masyarakat yang ingin berjualan, namun belum mendapatkan tempat. Mereka tidak dibebani biaya sewa sama sekali.

“Jadi protokol kesehatan lebih mudah diterapkan dan memberikan kesempatan kepada warga untuk berjualan. Nggak ada sewa, masuk langsung buka lapak, “ kata Sarjani.

Tujuan akhirnya, perekonomian masyarakat akan terangkat dan mampu menyekolahkan tinggi anak-anak mereka, sehingga sumber daya manusia (SDM) di Desa Banggi kedepan akan jauh lebih baik.

“Biar SDM di desa kami menjadi SDM unggulan, “ tandasnya.

Yang menarik, pembangunan Pasar Brumbung II menghabiskan anggaran sekira Rp 300 Juta, semua merupakan hasil sumbangan para donatur. Begitu pula untuk lahan yang ditempati, berjarak 50 an Meter sebelah barat Pasar Brumbung I, statusnya tanah pribadi namun dimanfaatkan untuk kepentingan umum.

Menurut rencana, Pasar Brumbung II dilaunching pada hari Sabtu (09/01) mendatang pukul 13.00 Wib. Dijadwalkan Bupati Rembang, Abdul Hafidz akan hadir. Usai launching, operasional Pasar Brumbung II buka setiap hari dari pukul 13.00 – 18.00 Wib. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *