Hasil Pemetaan Rawan Kejahatan, Pada Momentum Ini Tenaga Polwan Dioptimalkan
Anggota Polwan Polres Rembang menjaga Masjid An Nur Kasingan dan Masjid Maslahatul Ummah Jl. Pemuda Rembang, Jum’at (27/11).
Anggota Polwan Polres Rembang menjaga Masjid An Nur Kasingan dan Masjid Maslahatul Ummah Jl. Pemuda Rembang, Jum’at (27/11).

Rembang – Pihak Polres Rembang mengoptimalkan peran anggota Polwan, untuk mengamankan Sholat Jum’at.

Kapolres Rembang, AKBP Kurniawan Tandi Rongre melalui Kabag Operasional Polres, Kompol Kelik Budi Antara menjelaskan tiap hari Jum’at, sedikitnya ada 15 orang personil Polwan dikerahkan untuk menjaga sejumlah Masjid, di kawasan dalam Kota Rembang. Dipilihnya Polwan, mereka lebih fleksibel, karena tidak wajib menunaikan ibadah Sholat Jum’at.

“Kalau polisi laki-laki kan umumnya mereka ketika Sholat Jum’at, ya ikut sholat. Lha kalau Polwan ini kan lebih fleksibel, 15 orang kita bagi menjadi 3 regu. Memang nggak semua Masjid dijaga, tapi yang besar-besar. Per Masjid kira-kira ada 5 orang personil, “ terangnya, Jum’at (17 November 2020).

Kompol Kelik menambahkan selain mengantisipasi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor dan kejahatan lainnya, Polwan juga ikut membantu mengatur lalu lintas keluar masuk jemaah.

“Ketika situasi ramai ada aktivitas jemaah menyeberang, Polwan fokus mengatur lalu lintas dulu. Begitu khutbah, jaga parkir kendaraan. Termasuk ketika jemaah pulang. Ini semua dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama antisipasi Curanmor, “ tandasnya.

Pada masa Sholat Jum’at, ketika banyak konsentrasi jemaah adalah beribadah, berdasarkan pemetaan kepolisian termasuk waktu rawan tindak kejahatan.

Maka ia mengimbau akan lebih baik Ta’mir Masjid di tingkat kecamatan, turut memberdayakan pengamanan secara swadaya.

“Sebagai sarana pencegahan, sebelum ada kejadian tindak pidana. Syukur di area parkir Masjid, juga dilengkapi kamera CCTV, “ pungkas Kompol Kelik. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *