Ternyata Ini Arti Dari AKHLAK Bagi Semen Gresik, Sarat Muatan Untuk Kinerja
Zoom meeting soal penerapan Akhlak. (Foto atas) Aktivitas pekerja di PT. Semen Gresik Pabrik Rembang.
Zoom meeting soal penerapan Akhlak. (Foto atas) Aktivitas pekerja di PT. Semen Gresik Pabrik Rembang.

Rembang – Pihak PT Semen Gresik menekankan AKHLAK sebagai nilai-nilai inti dan budaya perusahaan kepada seluruh karyawannya.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, saat zoom meeting, hari Rabu (16 September 2020) menyampaikan AKHLAK yang dimaksudkan adalah kepanjangan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif, sebagai standar nilai perilaku yang menjadi pedoman dalam berbudaya kerja dalam mewujudkan spirit BUMN Untuk Indonesia.

Menurut Muchamad Supriyadi, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah menetapkan AKHLAK sebagai nilai-nilai utama, sekaligus pembentukan karakter di seluruh lingkungan BUMN.

PT Semen Gresik yang merupakan bagian dari BUMN, merupakan salah satu perusahaan yang proaktif dan berkomitmen menerapkan nilai AKHLAK serta mewajibkan karyawan untuk menerapkan budaya tersebut dalam perilaku kerja sehari-hari. Nilai-nilai yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir tersebut telah ditetapkan sebagai pedoman budaya kerja seluruh BUMN dibawah naungan Kementerian BUMN sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor : SE-7/MBU/07/2020 tertanggal 1 Juli 2020.

“Hal ini juga sejalan dengan pelaksanaan transformasi human capital di Semen Indonesia Group (SIG). Nilai-nilai inti (core values) sebelumnya, diganti menjadi AKHLAK. Telah dimulai sejak tanggal 31 Juli 2020. Bukan hanya sekedar slogan atau jargon, “ tuturnya.

Muchamad Supriyadi mencontohkan sikap-sikap yang mencerminkan AKHLAK, misalnya selalu menjaga konsistensi, belajar dari kesalahan untuk menjadi lebih baik, terbuka atas masukan, memiliki keberanian, percaya diri, tetap rendah hati dan bijaksana.

“Amanah, kita pegang teguh kepercayaan. Kompeten ya terus belajar dan mengembangkan diri. Harmonis, kami saling peduli dan menghargai perbedaan. Loyal, tentu kami mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif, kita selalu berinovasi, kemudian yang terakhir kolaboratif, kami akan terus membangun kerja sama, “ terang Supriyadi.

Supriyadi berharap dengan konsisten menjalankan AKHLAK, akan meningkatkan daya saing perusahaan PT Semen Gresik, sehingga nantinya mampu menjadi pemain global yang berkontribusi bagi kemajuan Indonesia. (Release Humas SG Pabrik Rembang).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *