Bupati : “Seluruh Kegiatan Sosial Ekonomi Masyarakat Dipersilahkan…”
Bantuan untuk pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Rembang, Kamis (23/07).
Bantuan untuk pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Rembang, Kamis (23/07).

Rembang – Bupati Rembang, Abdul Hafidz memastikan Pemkab akan terus mendorong aktivitas perekonomian sosial masyarakat, setelah pemberlakuan new normal di tengah pandemi Covid-19.

Bupati menyampaikan hal itu saat menerima kunjungan pihak Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, di Pendopo Museum Kartini Rembang, hari Kamis (23 Juli 2020). Hafidz mengungkapkan wabah Covid-19 sudah membuat sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) banyak yang pingsan. Ia mencontohkan produksi batik tulis Lasem, saat ini yang masih bertahan tinggal sekira 20 %.

“Jumlah UMKM di Kabupaten Rembang 40 ribuan. Dengan adanya pandemi ini kalau mati nggak ya, tapi semaput (pingsan-Red) banyak. Termasuk batik tulis Lasem, “ kata Hafidz.

Bupati menambahkan konsep new normal saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mulai aktivitas tahlilan, sholat berjamaah, kegiatan sholawatan maupun resepsi pernikahan dengan pentas musik dipersilahkan.

Hal itu supaya kondisi ekonomi dapat pulih kembali, tanpa meninggalkan langkah-langkah antisipasi pencegahan Covid-19.

“Saat ini sudah dipayungi peraturan Kementerian Desa. Intinya seluruh kegiatan ekonomi sosial di desa boleh, nggak usah khawatir. Biar penyanyi, musisi yang sudah 4 bulan nganggur bisa kerja lagi. Jangan sampai pandemi ini membuat kita semakin lemah, “ imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif membagikan secara simbolis, ratusan bantuan bahan pokok dan lauk pauk siap saji kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Rembang. Total bantuan sebanyak 273 paket.

Kasubdit Pengembangan Sentra Kreatif dari Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Hendri Karnoza berharap dengan bantuan tersebut, bisa memicu semangat untuk bangkit.

“Para pelaku pariwisata tidak sendirian, karena pemerintah juga memberikan perhatian, “ bebernya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *