Bantu Rumah Sakit Dan Puskesmas, PDI P Rembang Gelar Aksi Banteng Seruduk Corona
Pegawai Puskesmas menggunakan APD dari jas hujan, Senin (20/04). (Foto atas) Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Rembang, Ridwan menyerahkan bantuan APD kepada perwakilan Puskesmas Rembang I.
Pegawai Puskesmas Rembang I menggunakan APD dari jas hujan, Senin (20/04). (Foto atas) Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Rembang, Ridwan menyerahkan bantuan APD kepada perwakilan Puskesmas Rembang I.

Rembang – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Rembang, hari Senin (20 April 2020) turun ke rumah sakit dan Puskesmas se Kabupaten Rembang, melakukan aksi yang mereka namakan “Banteng Seruduk Corona”.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Rembang, Ridwan menjelaskan pada tahap pertama pihaknya telah membagikan 15 ribu masker ke 19 pasar tradisional. Kali ini dilanjutkan dengan pembagian 1.000 an alat pelindung diri (APD) petugas medis, diserahkan kepada RSUD dr. R. Soetrasno Rembang dan 17 Puskesmas se Kabupaten Rembang. Ia berharap dengan bantuan tersebut, petugas medis semangat memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi corona.

“Tadi kita awali di RSUD dr. R. Soetrasno, kemudian kami berpindah-pindah dari satu Puskesmas ke Puskesmas lain. Yang kita serahkan APD lengkap, mulai baju, kaca mata dan pelindung muka. Harapan kami dengan banteng turun nyeruduk corona, corona bisa segera lenyap. PDI Perjuangan akan terus mendukung kerja petugas medis, “ tandasnya.

Sementara itu Siti Kholifah, petugas kesehatan lingkungan Puskesmas Rembang I yang menerima bantuan menyampaikan terima kasih atas kepedulian PDI Perjuangan. Ia mengungkapkan kebutuhan alat pelindung diri (APD) sangat dibutuhkan. Apalagi ketika ada kasus pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal dunia, setidaknya Puskesmas harus menyiapkan minimal 13 buah APD. Itu pun sekali pakai dan tidak bisa dimanfaatkan lagi.

“Yang mikul jenazah saja 6 orang, mbah modinnya juga harus makai. Kemudian petugas medis sama sopir ambulance juga harus berpakaian APD lengkap. Minimal sekali pemakaman PDP butuh 13 APD pak, “ terang Siti.

Siti menambahkan saat ini untuk petugas medis yang melayani pasien rawat jalan memakai APD jas hujan, yang bisa berfungsi agak lama, karena sehabis pakai dapat dicuci.

“Meski bisa di cuci pun ada masanya juga, soalnya nyucinya pakai bayclin dan clorin untuk membunuh kuman. Cara ini untuk menghemat APD, “ bebernya.

Selama proses pembagian APD ke rumah sakit dan Puskesmas, Ridwan didampingi Widodo, Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Donny Kurniawan Bendahara DPC PDI Perjuangan, serta sejumlah pengurus lainnya. Bakti sosial “Banteng Seruduk Corona” ini akan terus dilanjutkan pada periode berikutnya, melihat perkembangan pandemi corona. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *