Uji Coba Mengalirkan Gas Krikilan Di Tanggal Cantik, Begini Hasilnya
Suasana uji coba pengaliran gas yang terpantau di lokasi kilang Dusun Padas Desa Jatihadi Kecamatan Sumber.
Suasana uji coba pengaliran gas yang terpantau di lokasi kilang Dusun Padas Desa Jatihadi Kecamatan Sumber.

Sumber – Meski hasil uji coba pengaliran gas dari sumur gas Desa Krikilan menuju kilang Dusun Padas Desa Jatihadi Kecamatan Sumber berjalan lancar, hari Kamis (20/02), namun pihak investor PT Super Energy bersama BUMD Migas PT. Rembang Migas Energi belum bisa langsung memproduksi gas.

Direktur PT. Rembang Migas Energi, Zaenul Arifin mengatakan uji coba diadakan pada hari bagus, tanggal 20 bulan 2 tahun 2020, hasilnya cukup melegakan. Dari awal sampai akhir uji coba yang dilakukan oleh SKK Migas, tidak ada kendala berarti. Ia berharap bisa menjadi langkah awal yang baik untuk menunjukkan kepada masyarakat, bahwa Kabupaten Rembang sebagai daerah penghasil Migas dan lumbung energi. Branding tersebut diharapkan mampu menggerakkan sektor ekonomi.

“Banyak yang dites kemarin. Mulai tes pipa, aliran, tekanan, kompresornya bagaimana. Alhamdulilah berjalan lancar. Semoga ini awal yang baik, “ ungkapnya.

Zaenul menambahkan untuk produksi, pihaknya dan mitra investor masih harus menunggu perintah dari SKK Migas, karena mereka lah yang berwenang menentukan.

“Kita tunggu release dari SKK Migas. Prinsipnya makin cepat, ya makin baik bagi kami. Kan artinya kita sudah diizinkan jualan gas untuk sektor industri, “ imbuh Zaenul.

Disinggung sikap warga Desa Krikilan yang dulu ngotot meminta kilang gas harus di desa mereka, menurutnya sudah tidak ada masalah. Berkat pendekatan dari semua pihak, warga yang semula menolak, sekarang mau menerima kilang gas berada di luar Desa Krikilan, karena pertimbangan keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas.

“Nanti kalau sudah produksi, masyarakat akan tahu dan memahami ternyata truk-truk besar hilir mudik seperti itu. Jumlahnya banyak dan frekuensinya sering. Kenapa kita taruh di situ, ya pertimbangannya safety dan kelancaran lalu lintas, “ pungkasnya.

Kandungan gas di sumur Krikilan Kecamatan Sumber mencapai 3 juta kaki kubik per hari. Menurut perhitungan, masa produksinya selama 6 tahun. Begitu memasuki tahun ke 7, kandungan gas sudah mulai menurun. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *