Panwascam Pilkada Terbentuk, Banyak Mana Panwascam Incumbent Dengan Wajah Baru?
Pelantikan Panwas Kecamatan untuk Pilkada 2020 di Pollos Hotel & Gallery, Senin (23/12).
Pelantikan Panwas Kecamatan untuk Pilkada 2020 di Pollos Hotel & Gallery, Senin (23/12).

Rembang – 42 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas untuk pemilihan Bupati & Wakil Bupati tahun 2020, dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rembang, Senin (23 Desember 2019). Pelantikan berlangsung di aula Pollos Hotel & Gallery.

Dari jumlah itu, 15 orang diantaranya merupakan Panwascam incumbent, yang bertugas saat Pemilu Legislatif lalu. Ketua Bawaslu Kabupaten Rembang, Totok Suparyanto mengatakan mayoritas Panwas Kecamatan diisi wajah-wajah baru. Meski demikian, mereka dinilai memiliki kecakapan serta kemampuan.

“Ada yang dulunya panitia pemilihan kecamatan (PPK), ada yang dari Panwas Desa kemudian naik grade ke Panwascam. Selebihnya belum punya pengalaman di penyelenggara Pemilu, tapi ada kemampuan bermasyarakat. Yang penting punya attitude, bisa menjaga diri dan kewibawaannya, “ kata Totok

Solusi Keluhan Lambung

Totok menambahkan setelah dilantik, Panwascam diarahkan segera berkoordinasi dengan Camat, Kapolsek dan Danramil. Khusus koordinasi dengan Camat, sekaligus meminta bantuan kesiapan tenaga sekretariat 2 orang dan fasilitas kantor.

“Dengan pak Camat, nanti minta bantuan personel PNS sebanyak 2 orang dan fasilitas kantor, “ imbuhnya.

Tugas paling dekat Panwascam, jika nantinya ada calon perseorangan, maka akan diberdayakan untuk mengawasi tahapan calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan. Selain itu, dalam waktu dekat perlu mengawasi rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh Komisi Pemilihan Umum. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *