DBHCHT Sentuh Jalur Pariwisata, Dulu Rusak Kini Mulus
Seorang warga melintas di jalan menuju Pantai Caruban Desa Gedongmulyo, Kec. Lasem yang sekarang sudah mulus.
Seorang warga melintas di jalan menuju Pantai Caruban Desa Gedongmulyo, Kec. Lasem yang sekarang sudah mulus.

Lasem – Jalan dari gapura masuk pinggir jalur Pantura menuju Pantai Caruban, Gedongmulyo – Lasem yang semula rusak parah, kini kondisinya sudah mulus. Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Caruban, aksesnya lebih nyaman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kab. Rembang, Sugiharto menjelaskan peningkatan jalan di jalur wisata tersebut, dialokasikan anggaran sekira Rp 918 Juta, memanfaatkan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT). Namun setelah lelang, nilai kontraknya Rp 736 Jutaan. Menurutnya, peningkatan jalan sudah selesai.

“Kalau progres fisiknya 90 %, tapi di lapangan sudah 100 %. Cuman belum ada pemeriksaan terakhir ini. Pelaksana proyeknya CV Tirta Kencana dari Rembang. Pak Setiawan itu mas yang mengerjakan, “ ujarnya, Kamis (31 Oktober 2019).

Setelah jalan masuk Pantai Caruban mulus, Sugiharto berharap sektor pariwisata di Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem akan semakin menggeliat. Begitu semakin ramai pengunjung, muara akhir tujuannya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Pak Bupati memang sedang lagi push dunia wisata. Jadi kita support dari sarana pra sarana jalannya. Ketika pengunjung ramai, minimal parkirnya bisa membuka tenaga kerja, ada pemasukan. Begitu juga bakul-bakul informal di sana. Intinya dari jalan itu, bisa jadi daya ungkit, “ imbuh pejabat warga Desa Kabongan Kidul, Rembang ini.

Sementara itu, seorang pengunjung Pantai Caruban, Dyah Purwasari mengungkapkan akses masuk menuju obyek wisata semakin mudah. Hanya saja ruas jalan masih agak sempit, sehingga ketika ada dua mobil berpapasan dari dua arah, mesti bersabar.

“Waktu jalan belum diperbaiki, ya berdebu. Sekarang diaspal hotmix, bagus banget. Cuman sekedar saran, kedepan bisa dipikirkan untuk pelebaran, “ kata Dyah. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *