Forum Keserasian Sosial Terbentuk, Ini Tujuannya
Kegiatan Forum Sarasehan Keserasian Sosial di Balai Desa Meteseh, Kecamatan Kaliori, Kab. Rembang, Kamis (10/10).
Kegiatan Forum Sarasehan Keserasian Sosial di Balai Desa Meteseh, Kecamatan Kaliori, Kab. Rembang, Kamis (10/10).

Rembang – Desa Meteseh, Kecamatan Kaliori mendapatkan alokasi anggaran Rp 150 Juta dari Kementerian Sosial, untuk membangun bak penampungan air dan kegiatan non fisik. Langkah tersebut sebagai upaya menekan dampak bencana kekeringan tiap kemarau panjang.

Camat Kaliori, Harjono menyampaikan hal itu di sela-sela kegiatan Sarasehan Keserasian Sosial yang berlangsung di pendopo Balai Desa Meteseh, Kecamatan Kaliori, Kamis pagi (10 Oktober 2019).

Harjono mengingatkan supaya tandon air tersebut benar-benar dirawat. Selain itu, harus dipastikan ketersediaan sumber air, sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat.

“Air menjadi kebutuhan vital warga. Saya orang lapangan tulen, kebetulan juga asli Kecamatan Kaliori. Sumber air harus ada sebelum membuat bak penampungan. Jangan asal bangun, asal jadi, “ kata Harjono.

Lebih lanjut Harjono mendukung terbentuknya Forum Keserasian Sosial Sumber Makmur Desa Meteseh, yang merupakan satu-satunya di Kecamatan Kaliori. Ia mendorong keberadaan forum sebagai jembatan mewujudkan masyarakat yang aman dan tentram.

“Pelangi itu kan beda-beda warna, tapi indah. Nah, begitu pula dengan perbedaan. Beragam latar belakang, namun kita dapat bersatu. Kebetulan di Meteseh ini kalau rapat lama, masyarakat dinamis. Tapi hasilnya ok, “ imbuhnya.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Sarasehan Keserasian Sosial, Eko Hadi berharap setelah Forum Keserasian Sosial terbentuk, mampu menjadi wadah bagi warga Desa Meteseh untuk meningkatkan kerukunan dan kegotongroyongan.

“Sifat iri, dengki mari kita buang jauh-jauh, sehingga dapat hidup saling berdampingan. Termasuk dalam pembangunan tandon air, nanti kapan dan bagaimana tekhnis pelaksanaanya, kita musyawarahkan bersama, “ tandasnya di depan 100 an orang warga Meteseh.

Eko Hadi yang juga warga Desa Meteseh ini menambahkan dalam kegiatan Sarasehan Keserasian Sosial yang diadakan oleh Kementerian Sosial tersebut, mengambil tema “Dengan Perbedaan, Kita Wujudkan Kerukunan Dan kegotongroyongan Melalui Keserasian Sosial”.

Sejumlah narasumber didatangkan, guna memberikan pembekalan kepada masyarakat setempat. Diantaranya Kartono, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Rembang, Kartini dari Kementerian Sosial, Budi Lestari selaku Kepala Seksi Perlindungan Sosial & Rehabilitasi Dinsos Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Kabupaten Rembang. Turut hadir pula Kapolsek dan Danramil Kaliori. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *