Tak Sekedar Bakal Calon Terbanyak, Yukk Diintip Sejumlah Fakta Menarik Pilkades Bajingjowo
Daftar nama bakal calon Kepala Desa Bajingjowo, Kecamatan Sarang. (Foto atas) Ketua Panitia Pilkades Bajingjowo memeriksa berkas pendaftaran bakal calon.
Daftar nama bakal calon Kepala Desa Bajingjowo, Kecamatan Sarang. (Foto atas) Ketua Panitia Pilkades Bajingjowo memeriksa berkas pendaftaran bakal calon.

Sarang – Kalau ada pertanyaan di desa mana yang memiliki jumlah bakal calon kepala desa terbanyak se Kabupaten Rembang ? Jawabannya adalah Desa Bajingjowo Kecamatan Sarang, karena terdapat 13 orang bakal calon kepala desa mendaftarkan diri. Jumlah tersebut bahkan melebihi 1 tim sepak bola. Sebenarnya fenomena apa yang terjadi di desa tersebut?

Senin siang (09 September 2019), kami mendatangi balai desa Bajingjowo, dan bertanya langsung dengan panitia pemilihan kepala desa (Pilkades).

Ketua Panitia Pilkades Desa Bajingjowo, Sofiyuddin menceritakan pada hari pertama pembukaan, seorang warga mendaftar atas nama Mastain, kemudian hari kedua disusul Muktarom. Jumlah bakal calon kala itu hanya 2 orang. Namun ketika hari terakhir, Kamis (05/09), terdapat 11 orang warga mendaftar. Pihaknya mengaku sempat kaget, karena jumlah sebanyak itu tidak diprediksi sebelumnya. Apalagi situasi balai desa sangat ramai. Tidak hanya dipenuhi warga Desa Bajingjowo, tetapi juga masyarakat dari luar kampung. Meski demikian, situasi tetap aman dan kondusif.

“Yang hari terakhir itu, pagi sampai siang masih sepi-sepi saja. Setelah sholat ashar, pukul tiga sore balai desa mulai banyak didatangi masyarakat. Warga datang diam-diam saja, kita ngobrol ya santai. Lha pukul setengah 4 sore, ada seorang warga daftar. Habis itu, memicu masyarakat lain ikut daftar. Akhirnya ada 13 nama bakal calon, “ urai Sofiyuddin.

Sofiyuddin menambahkan dari 13 bakal calon Kades, mayoritas syarat-syarat administrasinya belum lengkap. Hal itu tidak masalah, karena mereka bisa melengkapi berkas pencalonan antara tanggal 26-30 September 2019.

Terkait jumlah bakal calon sampai 13 orang, Sofiyuddin menyampaikan tidak sampai menganalisa apa sebabnya. Ia sebatas menganggap sebagai pesta demokrasi yang disambut suka cita oleh masyarakat, sehingga bakal calon cukup banyak. Panitia lebih memilih fokus menerima pendaftaran dan melayani bakal calon Kepala Desa.

Saat ditanya apakah banyaknya bakal calon kepala desa, karena dampak dari Peraturan Bupati, sehingga ada pihak-pihak mengerahkan bakal calon untuk mengincar posisi 5 besar, Sofiyuddin tidak berani menanggapi spekulasi tersebut.

“Kami tidak menganalisa lebih dalam. Apakah ada kaitannya dengan Perbup, tidak berani mengatakan seperti itu. Kami panitia sebatas menerima pendaftaran dan melayani bakal calon. Yang jelas sesuai peraturan, calon akan diseleksi tinggal 5 orang. Sedangkan jumlah daftar pemilih di sini, 2.233 orang, “ tandasnya.

Jika melihat 13 nama bakal calon Kepala Desa Bajingjowo, ternyata ada 3 orang berasal dari luar desa, seperti Desa Kalipang, Babak Tulung dan Sarang Meduro.

Dari 13 nama itu, lulusan sarjana paling banyak, yakni 10 orang, kemudian lulusan SMA ada 1 orang, dan lulusan SMP 2 orang. Kalau mengacu Peraturan Bupati Rembang No.24 tahun 2019, lulusan SMP mendapatkan skor nilai 20, lulusan SMA 25, sedangkan bagi yang menyandang gelar sarjana mendapatkan skor 35. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *