Sambut Ramadan, Jumlah Unik Qurma Yang Dibagikan
Pawai jelang romadon (Pajero), berlangsung di Lasem, Jum’at pagi (03/05).
Pawai jelang romadon (Pajero), berlangsung di Lasem, Jum’at pagi (03/05).

Lasem – Hampir 300 an siswa di Kecamatan Lasem menggelar Pawai Jelang Romadon (Pajero), Jum’at pagi (03 Mei 2019). Mereka membagikan buah qurma dan selebaran jadwal imsakiyah kepada masyarakat di sepanjang perjalanan yang dilalui.

Kegiatan tersebut diadakan oleh sekolah SDIT Avicena Lasem. Siswa maupun guru mengawali pawai dari sekolah di Desa Soditan, kemudian menuju Masjid Jami’ dan kembali lagi ke sekolah.

Kepala Sekolah SDIT Avicena, Umniyyah Lathifah menuturkan selama pawai, siswa membawa beragam poster yang isinya menyambut bulan suci Ramadan. Selain itu, di sepanjang jalan, siswa membagikan selebaran jadwal imsyak dan buah qurma. Qurma tersebut dikumpulkan dari para siswa. Jumlahnya menyesuaikan dengan tahun ini 2019, ditambah 1440, merupakan gambaran tahun Islam.

“Tadi dimulai jam 09.00 pagi. Qurmanya setelah terkumpul, kita kemas dalam plastik ukuran kecil-kecil. Setelah itu dibagikan kepada masyarakat. Di sepanjang jalan, siswa menyerukan untuk bersuka cita menyambut bulan Ramadan. Alhamdulilah warga merespon antusias, “ kata Umniyyah.

Umniyyah Lathifah menimpali banyak tujuan yang ingin dibidik, dibalik kegiatan tersebut. Tidak hanya mengajarkan siswa untuk berpuasa pada bulan Ramadan, tetapi juga menanamkan jiwa kedermawanan dan sikap peka terhadap lingkungan.

“Memang kalau siswa itu kan yang kelas I sama kelas II belum wajib puasa. Tapi paling tidak mulai berlatih dari sekarang. Dengan cara membrikan qurma, secara tidak langsung kita ajarkan siswa peduli dan mau menolong terhadap sesama, “ imbuhnya.

Sementara itu seorang siswi kelas IV, Siti Fahmi Sylvia mengaku senang bisa turut berpartisipasi meramaikan pawai jelang romadon. Meski berjalan cukup jauh, sekira 2 kilo meter, tapi baginya tidak masalah.

“Seneng mas, bisa ramai-ramai seperti tadi. Saya sendiri kalau Ramadan puasa kok. Malamnya juga rutin ikut tarawih, “ pungkas Sylvia. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *