Rekap Suara Rembang Kota : Siapa Yang Unggul, Agus Sutrisno Atau Joko Supriyadi?
Suasana rekapitulasi suara PPK Rembang Kota, yang berakhir Minggu dini hari.
Suasana rekapitulasi suara PPK Rembang Kota, yang berakhir Minggu dini hari.

Rembang – Proses rekapitulasi suara manual Pemilu di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rembang Kota akhirnya selesai, Minggu (28 April 2019) sekira pukul 03.00 dini hari. Daerah pemilihan Rembang Kota paling menjadi sorotan masyarakat, apalagi setelah ada dua calon legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersaing cukup ketat.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rembang Kota, Nasikun menjelaskan pihaknya tidak bisa menyebut nama, siapa yang akan menduduki kursi DPRD Rembang, karena harus menunggu penetapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang. Namun berdasarkan hasil rekapitulasi suara, Caleg dari PKS, Agus Sutrisno mengantongi suara terbanyak, yakni 4.825. Sedangkan rekan separtainya, Joko Supriyadi, meraih 4.754 suara atau hanya terpaut 71 suara.

Dari hasil rekap tersebut, Pemilu Legislatif DPRD Rembang di Kecamatan Rembang Kota dimenangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dengan total 11.302 suara. Namun PKS diprediksi hanya memperoleh 1 kursi. Kemudian sisa 5 kursi, ditempati Nasdem dengan total suara 9.387, PPP 9.154, PKB 8.188, PDI Perjuangan 4.555, dan Gerindra 4.324 suara.

“Kami tidak bisa menyebut nama siapa yang akan jadi DPRD mas. Tunggu saja nanti penetapan KPU. Tapi kalau hasil rekapitulasi manualnya ya seperti itu, “ terangnya.

Nasikun mengakui rekapitulasi suara di PPK Rembang Kota membutuhkan waktu paling lama, ketimbang PPK lain. Mengingat jumlah desanya paling banyak, yakni 34 desa. Begitu pula jumlah tempat pemungutan suara (TPS)nya paling banyak, mencapai 300 an TPS.

Padahal rekapitulasi manual per hari, rata-rata hanya sanggup menyelesaikan 15 TPS, sehingga untuk menyelesaikan semua membutuhkan waktu sampai seminggu. Ditanya bagaimana kondisi kesehatan PPK, menurut pria warga Desa Sridadi, Rembang ini secara umum sehat. Hanya ia membenarkan tensi darah anggota PPK naik turun. Bahkan, petugas dari Puskesmas Rembang I dan Rembang II ikut berjaga-jaga selama rekapitulasi, guna mengantisipasi kemungkinan ada yang jatuh sakit.

“Alhamdulilah selama rekap ini dari Puskesmas ikut stand bye. Kita cek tensi darah, kemudian kalau pas ada gangguan, badan mulai nggak enak, kita dikasih vitamin. Pak camat sendiri juga nunggu sampai malam-malam. Yang terakhir rekap tahap ke II, mulai dari pukul 10 Sabtu pagi dan selesai pukul 03.00 Minggu dini hari, “ imbuh Nasikun.

Setelah PPK Rembang Kota menuntaskan rekapitulasi manual, KPU Kabupaten Rembang mengagendakan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten, mulai hari Selasa (30/04) di lantai IV Kantor Bupati Rembang. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *