Ada Masalah Yang Jadi Sorotan, Jelang Kunjungan Presiden Jokowi Ke Rembang
Kerusakan jalan di jalur Pantura Kabupaten Rembang. (Gambar atas) Rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang.
Kerusakan jalan di jalur Pantura Kabupaten Rembang. (Gambar atas) Rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang.

Rembang – Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto mengaku cukup banyak mendapatkan kiriman foto jalan rusak.

Masalah tersebut menjadi perhatian, karena Presiden RI, Joko Widodo akan berkunjung ke Pondok Pesantren Al Anwar di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, hari Jum’at (01/02/2019), tepatnya seusai sholat Jum’at. Jokowi dijadwalkan ke Sarang, dengan memanfaatkan perjalanan jalur darat.

Bayu Andriyanto saat berada di Desa Sridadi, Rembang, Senin sore (28/01) mengungkapkan pekan ini banyak tamu penting akan datang ke Kabupaten Rembang. Mulai Kapolda Jawa Tengah, kemudian Pangdam IV Diponegoro, hingga Presiden RI, Joko Widodo.

“Tanggal 01 Februari badhe kerawuhan bapak Presiden, pak Jokowi. Rawuh mriki, niki jalane malah banyak yang rusak. Segala persiapan, sedang kita komunikasikan, “ ujar Bayu.

Saat ini kondisi jalur Pantura banyak titik kerusakan, seiring meningkatnya curah hujan. Kemudian jalur lingkar Rembang yang belakangan kerap diupload ke sosial media, sebagian juga rusak berat.

Menurut Bayu, jalan lingkar menjadi tanggung jawab Pemkab Rembang. Tahun 2018, pihaknya mengucurkan dana hampir Rp 15 Miliar, guna membeton jalan dari perempatan Galonan sampai sebelah barat Desa Weton. Meski sudah dibantu Rp 4,5 Miliar oleh PT. Semen Gresik, namun perbaikan belum selesai, dan menyisakan ruas jalan antara Desa Gedangan sampai jalur Pantura pertigaan Soklin Desa Tireman.

Sisa jalan yang rusak parah itu akan dibeton, dengan mengalokasikan anggaran hampir Rp 15 Miliar. Sifatnya belum final, tetapi masuk usulan yang diprioritaskan tahun ini.

“Kemarin sudah kita beton panjangnya 2,5 kilo meter, lebar 7 meter. Wesine dobel, siap dilewati truk muatan berat. Lha yang dari depan kafe ke utara sampai Tireman, menjadi usulan prioritas tahun 2019. Dananya juga hampir Rp 15 Miliar, “ bebernya.

Bayu membenarkan untuk membeton jalan membutuhkan dana jauh lebih besar. Bahkan 2 kali lipatnya, ketimbang pengaspalan. Ia mengimbau masyarakat bersabar, karena Pemkab Rembang berkomitmen melangsungkan pembangunan yang berkelanjutan.

“Ora duwit sithik mbangun dalan, kalau cor dengan aspal, dua kali lipatnya. Tapi insyaallah pembangunan ini akan terus berkelanjutan, “ imbuh Bayu.

Khusus jalan lingkar Rembang, tidak akan dilalui rombongan Presiden, Joko Widodo. Jika jadi menempuh jalur darat, Jokowi rencananya melintasi akses jalan nasional, dari Bandara Juanda Surabaya, kemudian menuju Pantura Lamongan – Tuban – Sarang, Rembang.

Pantauan Reporter R2B, tuan rumah Pondok Pesantren Al Anwar Sarang sudah menyebarkan informasi, terkait rencana kunjungan Presiden. Agendanya, Jokowi bertemu pengasuh Ponpes Al Anwar, Kiai Maimoen Zubair, sekaligus melangsungkan kegiatan bertajuk “Sarang Berzikir, Untuk Indonesia Maju”. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *