Harga Merangkak Naik, Pedagang Ungkap Penyebab Susahnya Suplai Beras Dari Rembang
Pedagang di sebelah timur Pasar Rembang, Gampang Haryono menata tumpukan beras di tokonya, Minggu (13/01).
Pedagang di sebelah timur Pasar Rembang, Gampang Haryono menata tumpukan beras di tokonya, Minggu (13/01).

Rembang – Kondisi cuaca Kabupaten Rembang yang panas terik dalam seminggu terakhir, berdampak terhadap sektor pertanian. Bahkan harga beras di pasaran mulai merangkak naik, diduga masih banyak petani kesulitan menanam padi.

Seorang pedagang beras di sebelah timur Pasar Rembang, Gampang Haryono membenarkan harga beras mengalami kenaikan. Ia mencontohkan untuk beras super dijual Rp 11.000, kemudian beras kelas medium Rp 10.200. Rata – rata naik antara Rp 200 – 300 per kilo gram.

“Memang betul mas, harga beras naik dikit ini. Nggak hanya yang medium, beras super juga naik, “ ungkapnya, Minggu (13/01).

Gampang Haryono menambahkan curah hujan di wilayah Kabupaten Rembang masih sangat rendah, sehingga mengakibatkan petani kesulitan menanam padi. Benih padi yang disiapkan, sebagian besar kondisinya juga mengering. Beras yang dijajakan sekarang, merupakan pasokan dari luar daerah, seperti Blora, Pati dan Kabupaten Purwodadi. Belum ada suplai dari petani Kabupaten Rembang sendiri.

“Kalau tahun – tahun kemarin harga beras akan terus naik sampai mendekati masa panen bulan Maret ya. Cuman sekarang kan molor masa tanamanya, diperkirakan panenan juga ikut molor, “ imbuhnya.

Sementara itu seorang petani di Desa Pragu, Kecamatan Sulang, Sukardi mengatakan kondisi sawah masih kering kerontang, padahal tahun 2018 lalu, di bulan Januari tanaman padi sudah tumbuh bagus. Menurutnya sangat menyulitkan, karena mayoritas sawah adalah lahan tadah hujan.

“Sangat beda jauh antara cuaca Januari ini sama Januari tahun lalu. Sekarang belum bisa tanam, padahal tahun kemarin seperti ini tanaman padi sudah ketinggian sekira 20 an centi meter, dengan genangan air lumayan lah. Tapi faktor alam, mau gimana lagi, pasrah saja, “ tuturnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan