Jangan Hanya Donor Darah, PMI Didorong Perluas Jangkauan Pelayanan
PMI Rembang menggelar pelatihan kebencanaan, belum lama ini. Mereka didorong untuk memperluas pelayanan.
PMI Rembang menggelar pelatihan kebencanaan, belum lama ini. Mereka didorong untuk memperluas pelayanan.

Rembang – Palang Merah Indonesia (PMI) diharapkan tidak hanya terjebak pada kegiatan donor darah dan bantuan bencana alam. Namun kedepan harus dapat diperluas.

Wakil Ketua PMI Kabupaten Rembang, Arif Budiman menuturkan masalah sosial kemanusiaan saat ini semakin banyak. Maka dimensi penanganan PMI juga harus diperluas, seperti membantu anak terlantar, anak yang menjadi korban kekerasan, bahkan turut serta dalam pengentasan kemiskinan.

“Jangan hanya donor darah sama bantu bencana alam. Tapi masih banyak masalah sosial kemanusiaan yang bisa ditangani PMI. Itu menjadi tantangan kita kedepan, “ ujar Arif.

Solusi Keluhan Lambung

Arif Budiman menambahkan penanganan masalah sosial sejatinya merupakan tanggung jawab masyarakat secara keseluruhan. Tapi tentu perlu ada motor – motor penggerak, salah satunya PMI. Ia mendorong pengurus di tingkat kecamatan, intensif bekerja sama dengan desa dan kecamatan, agar setiap masalah yang menyangkut peristiwa kemanusiaan, dapat lekas ditangani.

“Syukur setiap kepala desa adalah sukarelawan di desa masing – masing. Nanti bersama dengan temen – temen PMI gerak bareng. Jadi tiap ada kebakaran, kecelakaan, orang terlantar, insyaallah dapat kita atasi bersama, “ imbuhnya.

Sementara itu, seorang pegiat sosial di Kecamatan Kragan, Sutomo mengungkapkan masih sering dijumpai warga lanjut usia terlantar yang hidup sebatang kara. Ia menyarankan PMI juga ikut meringankan beban mereka, karena selama ini untuk bertahan hidup lebih banyak mengandalkan belas kasihan dari tetangga sekitar. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *