Rumah Sakit Luncurkan Klinik Lansia, Ini Bedanya
Klinik geriatri rumah sakit dr. R. Soetrasno Rembang, khusus melayani pasien Lansia.
Klinik geriatri rumah sakit dr. R. Soetrasno Rembang, khusus melayani pasien Lansia.

Rembang – Rumah sakit dr. R. Soetrasno Rembang, meluncurkan sebuah klinik untuk melayani khusus pasien lanjut usia.

Kepala Seksi Pengembangan Rumah Sakit dr. R. Soetrasno, Nurdin Fahrudi menuturkan klinik tersebut dinamakan klinik geriatri. Ketika pasien berusia lanjut datang, dan akan mendapatkan layanan di klinik Geriatri, antrean mereka tidak bercampur menjadi satu dengan pasien umum yang jumlahnya cukup banyak. Setelah ditangani dokter, pasien langsung mendapatkan obat, tanpa harus menunggu lama.

Ruang tersebut juga dilengkapi sarana representatif, menyesuaikan dengan kondisi lanjut usia.

“Jadi pasien lanjut usia ini tidak bercampur sama pasien umum. Pokoknya dipermudah dan dipercepat. Ada sejumlah fasilitas yang representatif. Semisal pegangan tangan, untuk keamanan kaum Lansia, “ tuturnya.

Nurdin menambahkan begitu pasien datang, pihaknya melakukan screening atau pemilahan terlebih dahulu. Antara pasien yang berusia 60 tahun ke atas dan 70 tahun keatas. Bagi pasien 60 tahun lebih, bisa dilayani, asalkan mempunyai 2 keluhan penyakit. Sedangkan pasien 70 tahun lebih, cukup dengan 1 keluhan penyakit.

“Jadi akan dilakukan semacam screening atau pemilahan. Pasien Lansia 60 tahun ke atas harus dengan 2 keluhan. Semisal Diabetes Melitus sama mata kabur atau luka di kaki dan pegal linu. Untuk yang 70 tahun ke atas cukup 1 keluhan, langsung dilayani di klinik tersebut, “ beber Nurdin.

Setelah dilaunching sejak bulan Oktober, klinik geriatri sudah mulai dipadati para pasien. Supriyadi, seorang pasien mengaku senang dengan pelayanan klinik baru ini. Menurutnya, ia lebih cepat dilayani dokter. Padahal biasanya ketika bercampur dengan pasien umum, harus menunggu sampai berjam – jam. (Musyafa Musa/ Didik Kun).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *