Sumbang Ribuan Ikan Nila, Dislutkan Ungkap Misi Budidaya
Penebaran benih ikan nila di embung Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Senin (29/10).
Penebaran benih ikan nila di embung Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Senin (29/10).

Bulu – Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Rembang terus mendorong budidaya perikanan air tawar. Salah satu yang disasar yakni Desa Pasedan, Kecamatan Bulu yang menjadi lokasi program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Kodim Rembang.

Kepala Seksi Produksi Budidaya Dinas Kelautan Dan Perikanan, Abu Rosidin menuturkan ada 2 jenis kegiatan, meliputi penyuluhan budidaya perikanan air tawar dan penyaluran bantuan benih ikan nila sebanyak 5 ribu ekor, yang langsung ditebarkan ke Embung Pasedan, Senin pagi (29/10).

“Kegiatan ini menjadi cara kami ikut nyengkuyung program TMMD. Biar masyarakat tahu caranya membudidayakan ikan air tawar. Khusus ikan yang kami tebar ke embung, diharapkan kelak semakin berkembang dan dapat dimanfaatkan masyarakat, “ ujarnya.

Solusi Keluhan Lambung

Abu Rosidin menambahkan ada sejumlah manfaat, apabila budidaya ikan air tawar dioptimalkan. Selain menambah gizi warga sekitar, karena ikan air tawar memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, langkah tersebut juga bisa menambah pendapatan masyarakat.

“Sebenarnya sederhana, apalagi pekarangan dekat rumah warga rata – rata luas. Layak untuk budidaya ikan air tawar. Targetnya, mampu mendongkrak produksi perikanan budidaya yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, “ imbuh Abu.

Sementara itu, Komandan Kodim Rembang, Letkol Andi Budi Sulistyanto mengungkapkan selama program TMMD berlangsung, pihaknya tidak hanya memperbaiki jalan, namun juga memperhatikan masalah non fisik. Salah satu tujuannya, menambah ketrampilan bagi warga, sehingga untuk jangka panjang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari, meski TMMD sudah selesai. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *