Isi Pulsa Listrik Kok Jadi Berkurang, PLN Ungkap Sebabnya
Meteran listrik pra bayar.
Meteran listrik pra bayar.

Rembang – Besaran pulsa listrik yang selama ini digunakan oleh masyarakat, 100 % tidak sesuai dengan nominal pembelian, karena harus dikurangi dengan pajak lampu penerangan jalan umum (LPJU).

Neni Puji Rahayu, seorang petugas Bagian Pelayanan Pelanggan PLN Rayon Rembang mencontohkan apabila pelanggan membeli pulsa listrik Rp 50 ribu dengan daya listrik 900 VA, maka secara otomatis 9 % dipotong untuk pajak LPJU atau kisaran Rp 4.200. Sedangkan selebihnya Rp 45 ribuan, baru mendapatkan listrik dengan ketentuan per KWH Rp 1.352, sehingga totalnya menerima 34 KWH.

Apabila pembelian pulsa di atas Rp 250 ribu, maka dipotong lagi biaya materai Rp 3 ribu dan di atas Rp 1 Juta, terpotong materai Rp 6 ribu.

“Jadi tiap kali membeli listrik pulsa atau elektrik, bentuknya nggak rupiah. Tapi berupa KWH. Potongannya ya itu, untuk pajak LPJU. Sedangkan materai, memang aturan pemerintah begitu. Tiap transaksi di atas Rp 250 ribu, dipotong materai Rp 3 ribu dan di atas Rp 1 Juta, materai Rp 6 ribu plus LPJU, “ jelasnya.

Neni menambahkan pulsa listrik tidak ada batasan masa kadaluwarsa, sehingga pelanggan tak perlu khawatir. Beberapa waktu lalu sempat ada pelanggan mengadu membeli pulsa listrik melalui ATM. Saldonya sudah terpotong, namun tanda bukti pembelian tidak keluar. Setelah mengecek ke PLN dan pihak bank, ternyata masalah tersebut bisa diselesaikan.

“Jarang ya ada keluhan soal pulsa listrik. Mungkin yang paling banyak menanyakan tentang potongan, lho kok nggak sesuai dengan nilai pulsanya. Tapi setelah dijelaskan, mereka baru memahami. Kalau yang beli lewat ATM, rata – rata sistemnya juga lancar, “ imbuh Neni.

Disinggung masih banyaknya pelanggan listrik menggunakan meteran listrik model lama atau pasca bayar, PLN Rayon Rembang menggencarkan sosialisasi, agar pelanggan mau mengganti meteran listrik sistem pulsa. KWH meternya disediakan gratis. (MJ – 81).

News Reporter

14 thoughts on “Isi Pulsa Listrik Kok Jadi Berkurang, PLN Ungkap Sebabnya

    1. Benar sekali..
      Pulsa dieteran msh 93 rban diisi 200rb pulsa listrik jadi 220rb
      Yang 73 rb an kemana ya..
      Selalu berkurang banyak tiap isi pulsa

      1. Iya bagaimana cara hitungnya???Saya beli 100rb yg muncul cuma 65rb. Kayaknya semakin besar beli pulsanya semakin besar pula pengurangnya.Benar2 merugikan rakyat kecil kalau bagini

    2. Saya isi pulsa 50 ribuh yg masuk cuma 35 ribuh sisanya kemana sungguh ??aneh.sekali .kalau uang nya banyak iya.nggk jadi apa2.tapi kita orang nngk mmpuh ini sungguh merasa berat.sekali .kadang uang dapat minyam di tetangga..untuk beli pulsa token.he di potong bnayk.tolong lah …dan mohon penjelasan nya…

  1. isi pls listrik pakai mbanking..saldo berkurang tp pulsa tidak masuk..no token ma nama pengguna sdh benar dan tersimpan d history ..bagaimana ini?

  2. Apakah berkurang saldonya jika kita masukkan no token berulang dengan nomer yang sama,,soalnya pertama dimasukkan seperti ragu

  3. Jelas saya keberatan. Karna potongan terlalu besar. Saya isi 50. Masuk 35. Kalo memang di potong pajak. Kenapa tidak ada. Penjelasan???
    Dan kenapa tidak di sarankan untuk bayar pajak PLN bulanan saja. Karna saya isi token. Dalam 1 bulan 3 Sampai 4 kali. Dan otomatis potongan lebih dari 40% dong

  4. Saya juga mengalami hal yg sama.. saya isi pulsa kwh 50 yg masuk hanya 30 saja potongannya sampai 20 ribu..terlalu besar potongannya.. padahal kita masyarakat biasa buat isi pulsa kwh saja udah susah nyati duitnya.. malah dapat potongan besar sekali… apakah ini namanya kebijakkan yg adil😴🤒🤒

    1. Sama kawan saya juga nggk rela.ini pemerasan sampai2 potongan sebegitu banyak… tolong lah kami orang susah..

  5. Sisa token dikotak meteran 65.67 lalu sy isi token 2 x 100san … laaa kok yg masuk tertera cuman 200.99.
    Yg 65.?? Kemana ????
    Byk banget PLN makan token rakyat kecil. Srmoga PLN Tablik Amanah Fatonah kerakyat kecil. Agar tdk kena adzab Allah swt …Aamin…3x Yaa Roobb.

  6. Sebetulnya ini ide pemerintah atau sepihak? jika pemerintah masa potongannya gede
    dan jika sepihak auto kaya dapet uang potongan listrik dari rakyat,
    Jika potongan hanya 1000,2000, atau 5000 kami terima tapi jika potongannya gede kami merasa keberatan sebagai masyarakat biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *