Thong-Thong Lek Keliling Di Desa Waru Batal, Konsep Acara Berubah
Konsep acara festival thong-thong lek di Desa Waru, Rembang berubah, hanya terpusat di satu titik.
Konsep acara festival thong-thong lek di Desa Waru, Rembang berubah, hanya terpusat di satu titik.

Rembang – Thong-thong lek dengan diiringi pawai truk miniatur di Desa Waru Kecamatan Rembang Kota akan berlangsung pada Rabu malam (03 April 2024), seusai sholat tarawih.

Namun konsep lomba berubah. Dari yang semula akan digelar keliling dan terpusat, menjadi hanya terpusat saja, karena untuk keliling tidak mendapatkan izin dari kepolisian.

Ketua Karang Taruna Desa Waru, Rembang, Ubaid Maulana menjelaskan rancangan awal, thong-thong lek keliling kampung akan berlangsung Minggu malam (31/03) dari lapangan Desa Waru Sono dan berakhir di perbatasan Waru dengan Kelurahan Magersari.

Kemudian dilanjutkan pentas panggung di lapangan sepak bola Waru Sono, tanggal 01 April 2024.

Namun setelah ada koordinasi dengan pihak-pihak terkait, thong-thong lek digelar terpusat di lapangan volli Dusun Karang Waru Utara, 03 April 2024.

“Saya mendapatkan informasi dari ketua panitia setelah dari Polres, kegiatan tetap bisa digelar, tapi hanya terpusat. Yang keliling nggak jadi, karena kendala perizinan. Kami menyesuaikan saja dengan rekomendasi dari pihak terkait, seperti Forkopincam, kepolisian maupun Dinbudpar,” terangnya.

Ubaid menambahkan jumlah peserta ada 8 kelompok. Nantinya semua truk miniatur yang batal keliling, tetap akan didatangkan di lokasi perlombaan.

“Penilaian dewan juri pun ikut menyesuaikan. Tapi pada prinsipnya dari segi aransemen musik dan dekorasi truk miniatur,” tandas Ubaid.

Sementara itu, Kapolsek Rembang Kota, AKP AL Sutikna menyampaikan bahwa izin keramaian pada malam hari dan mengundang banyak orang, menjadi kewenangan Polres Rembang. Sedangkan Polsek sebatas memberikan rekomendasi.

Khusus kegiatan di Desa Waru, batalnya thong-thong lek keliling, karena mengacu hasil rapat koordinasi Pemkab Rembang bersama lintas sektoral.

“Polres infonya tidak memberikan izin, karena hasil rapat tidak ada thong-thong lek keliling,” terangnya.

Kapolsek menambahkan meski berlangsung thong-thong lek pentas di atas panggung, pihak kepolisian tetap akan berpatroli memantau, guna memastikan situasi aman dan kondusif. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan