UYR Lepas Mahasiswa KKU dan KKN, Kemana Saja?
Pelepasan sejumlah mahasiswa UYR yang mengikuti KKU dan KKN, Senin (18/03).
Pelepasan sejumlah mahasiswa UYR yang mengikuti KKU dan KKN, Senin (18/03).

Rembang – Universitas YPPI Rembang (UYR) mengadakan acara pembukaan sekaligus pelepasan peserta Kuliah Kerja Usaha (KKU) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun ajaran 2023/2024, di Aula Lantai 2 Kampus Universitas YPPI Rembang, Senin (18/03).

Wakil Rektor I UYR, A. Aviv Mahmudi menjelaskan peserta KKU meliputi mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dari program pendidikan manajemen dan akuntansi minimal semester IV, yang telah menempuh dan lulus mata kuliah prasyarat yaitu Mata Kuliah Entrepreneurship.

Jumlah peserta KKU tahun 2024 sebanyak 102 mahasiswa yang dibagi menjadi 51 kelompok.

“Jumlah UMKM mitra dalam KKU ini adalah 51 UMKM yang tersebar pada 9 Kecamatan di Kabupaten Rembang dan 1 kecamatan di Kabupaten Pati, yaitu Kecamatan Batangan,” terangnya.

Sedangkan peserta KKN Tematik meliputi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Sistem Informasi semester IV sejumlah 11 mahasiswa, yang dibagi menjadi 2 kelompok.

Mereka akan melaksanakan programnya pada dua mitra yaitu di Wisata Mangrove Jembatan Merah Desa Pasar Banggi Kecamatan Rembang dan di Wisata Bukit Cendana di Kecamatan Sedan.

Aviv menimpali pelaksanaan KKU dan KKN Tematik akan dilaksanakan mulai 18 Maret – 30 April 2024. Kegiatan ini didasarkan pada pertimbangan untuk memasyarakatkan keberadaan Universitas YPPI Rembang, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh Masyarakat.

“Dalam program KKU akan dilakukan langkah-langkah strategis dengan pendekatan pendampingan, pemberdayaan dan fasilitasi pada UMKM. Diharapkan pada akhirnya mampu meningkatkan daya tahan fundamental ekonomi daerah yang berbasis ekonomi kerakyatan. Sementara dalam kegiatan KKN Tematik mengambil tema Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat melalui Penerapan IPTEKS di Bidang Sains dan Teknologi,” imbuh Aviv.

Dalam program KKU permasalahan yang seringkali ditemui adalah terkait manajerial dan akuntabilitas dalam usaha. Seperti konsep strategi pemasaran, penguatan manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasional dan konsep pembukuan/laporan keuangan usaha.

Sementara dalam KKN Tematik diharapkan mahasiswa mampu berkontribusi dalam membangun masyarakat yang kreatif dan inovatif dalam menerapkan IPTEKS dalam bidang sains dan teknologi. (Adv).

News Reporter

Tinggalkan Balasan