Tidak Meninggalkan Bekas Luka Sayatan, RSUD Punya Alat Baru
RSUD dr. R. Soetrasno Rembang mulai mengoperasikan Lithotripter, untuk tembak laser batu ginjal.
RSUD dr. R. Soetrasno Rembang mulai mengoperasikan Lithotripter, untuk tembak laser batu ginjal.

Rembang – RSUD dr. R. Soetrasno Rembang kini sudah mempunyai alat Lithotripter yang mampu memecah batu ginjal tanpa operasi. Tetapi dengan sistem laser, sehingga tidak menimbulkan bekas luka.

Kepala Seksi Informasi RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik mengatakan upaya tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Di usia RSUD yang ke-69, kami akan terus meningkatkan pelayanan,” tandasnya.

Menurutnya, Lithotripter menghasilkan gelombang kejut untuk memecah batu ginjal, yang kemudian dapat dikeluarkan melalui saluran kencing. Selama ini banyak yang harus operasi besar, guna menghilangkan batu ginjal.

“Dulu  operasi dengan sayatan dan meninggalkan bekas luka, sekarang bisa ditembak pakai laser,” beber Tabah.

Pada hari Senin (19/02), alat tersebut sudah dioperasikan. Ada sejumlah pasien yang datang dan langsung merasakan manfaat dari alat baru itu. Tabah menambahkan layanan bisa menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan.

“Masyarakat silahkan memanfaatkan fasilitas ini, karena sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, Markum warga Desa Jatihadi Kecamatan Sumber yang mengantarkan istrinya berobat karena sakit batu ginjal mengaku senang RSUD dr. R. Soetrasno sudah bisa melayani tembak laser batu ginjal. Pasalnya selama ini untuk tembak laser, pasien harus ke Pati atau Semarang.

“Ya alhamdulillah sekali sudah ada di RSUD Rembang. Dulu waktu teman saya sakit batu ginjal harus dirujuk ke rumah sakit di Semarang, kebetulan ini istri saya sakit dan alat baru sudah bisa dioperasikan, semoga lancar,” ujarnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan