Kejadian Langka!! Ada Pengantin Di Tengah Pelantikan KPPS Gunungmulyo
Lidya Novitasari dan suaminya. (Foto atas) Lidya Novitasari saat dilantik menjadi anggota KPPS, Kamis (25/01).
Lidya Novitasari dan suaminya. (Foto atas) Lidya Novitasari saat dilantik menjadi anggota KPPS, Kamis (25/01).

Sarang – Seorang anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilu 2024 di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah dilantik dengan menggunakan busana pengantin. Sontak saja, yang bersangkutan langsung menyedot perhatian.

Momen langka itu terjadi di Balai Desa Gunungmulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, Kamis (25 Januari 2024), saat berlangsung pelantikan KPPS.

Ketika anggota KPPS menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pelantikan, tiba-tiba datanglah Lidya Novitasari, seorang mempelai pengantin perempuan masuk ke dalam pendopo balai desa.

Wanita berusia 23 tahun ini ternyata juga merupakan salah satu anggota KPPS yang akan dilantik. Namun pada hari yang sama, ia menggelar pesta pernikahan dengan pujaan hatinya, Dwi Abdul Nur Muhidin.

Kebetulan akad nikah berlangsung di Masjid depan balai desa. Usai akad nikah, Lidya Novitasari balik ke rumahnya untuk mengikuti sesi foto-foto.

“Waktu itu jam 09.15 keluar dari Masjid, balik ke rumah dulu,” tutur wanita yang akrab dipanggil Vita ini.

Tak berselang lama, ia didatangi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Gunungmulyo, yang mengabarkan bahwa pelantikan KPPS akan segera dimulai.

“Iya dijemput ke rumah sini,” kata Vita.

Di tengah pesta pernikahan tersebut, Vita pun pamit sebentar ke balai desa. Sang suami tidak mempermasalahkan hal itu.

Masih dengan busana pengantin, Vita maju ke barisan terdepan. Sempat muncul rasa grogi dan malu, karena perhatian seisi balai desa langsung tertuju kepadanya.

“Ya malu, lha ngelihatin ke saya semua. Yang lain pakai batik, saya pakai baju pengantin, lengkap dengan untaian kembang di kepala,” imbuhnya terkekeh.

Namun demi membulatkan tekad ikut berpartisipasi dalam Pemuilu 14 Februari 2024, Lidya Novitasari tetap semangat mengikuti pelantikan KPPS hingga selesai.

Sementara itu, Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Gunungmulyo Kecamatan Sarang, Ahmad Wahidul Umam membenarkan bisa saja pelantikan KPPS dilakukan secara daring atau susulan.

Namun karena mempertimbangkan efektivitas waktu, akhirnya 56 anggota KPPS dari 8 TPS di Desa Gunungmulyo dilantik bersama-sama, termasuk Lidya Novitasari.

Kebetulan posisi rumah Lidya dengan balai desa cukup dekat, sehingga tidak terlalu merepotkan.

“H min 1 saya menerima informasi dari Ketua PPS, bahwa mbak Vita mau menikah. Kami tekankan kepada mbak Vita, supaya tetap ikut. Soalnya pelantikan dan pengucapan sumpah janji, nggak lama,” terangnya.

Lidya Novitasari sendiri sudah 3 kali ini menjadi anggota KPPS tiap ada pesta demokrasi, Pilkada dan Pemilu.

Namun jelang Pemilu 2024 akan menjadi kenangan spesial, karena video pelantikannya memakai gaun pengantin beredar luas dan viral di media sosial. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan