Menderita Sakit Berat, 2 Jemaah Haji Asal Rembang Pulang Lebih Awal
Potret jemaah haji asal Kabupaten Rembang saat berada di tanah suci. (Dok. petugas haji daerah).
Potret jemaah haji asal Kabupaten Rembang saat berada di tanah suci. (Dok. petugas haji daerah).

Makkah – Sebanyak 2 orang jemaah haji asal Kabupaten Rembang dilaporkan pulang lebih awal (Tanazul) ke tanah air. Mereka kembali lebih cepat dibandingkan jemaah haji lain, lantaran menderita sakit berat.

Plh Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Rembang, Mohammad Mukson menjelaskan jemaah pertama yang pulang awal adalah Supriyadi Jupri Mustaram warga Kecamatan lasem, tiba di tanah air pada Rabu (12/07). Ia dipulangkan lebih dulu karena menderita sesak nafas.

Selanjutnya adalah Sumirah Sumijan Ngarimin asal Kecamatan Rembang kota, tiba di Embarkasi Solo pada Sabtu (15/07). Yang bersangkutan diketahui menderita Dimensia berat. Bahkan saat turun dari pesawat sempat pingsan, sehingga dirujuk ke Rumah Sakit Moewardi Surakarta.

“Pak Supriadi awalnya tergabung di kloter 90 kemudian beralih ke kloter 22. Kalau Bu Sumirah itu awalnya gabung di kloter 92 kemudian gabung ke kloter 29,” terangnya.

Selain itu ada pula seorang jemaah yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi, atas nama Masduri Prawito Pingi asal Kecamatan Rembang kota. Ia sebenarnya juga akan dipulangkan lebih awal. Namun karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan, maka belum bisa diberangkatkan.

“Sebenarnya ada 3 jemaah yang pulang cepat. Tapi yang satu atas nama Pak Masduri ini dinyatakan tidak laik terbang dan masih menjalani perawatan di rumah sakit,” kata Mukson.

Menurut Mukson, 2 orang jemaah yang dipulangkan lebih awal tersebut sudah melaksanakan ibadah wajib haji, sehingga sudah menyandang status haji dan hajah. Sementara bagi mereka yang sehat, masih akan melaksanakan beberapa ibadah sunah hingga setidaknya akhir bulan Juli.

“Meski pulang dulu mereka sudah sah berstatus haji dan hajah mas. Solnya ibadah wajibnya sudah dilaksanakan,” imbuhnya.

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini, jemaah haji asal Kabupaten Rembang terbagi dalam 5 kloter. Kloter 89b terdiri dari 31 jemaah dijadwalkan pulang tanggal 1 agustus 2023 sekira pukul 12.20. Kemudian kloter 90 ada sebanyak 219 jemaah plus 2 Petugas Haji Daerah (PHD), akan pulang tanggal 2 agustus 2023 pukul 12.05.

Selanjutnya kloter 91 terdiri dari 352 jemaah dan 3 PHD pulang tanggal 2 agustus 2023 pukul 13.35. Dihari yang sama pada pukul 22.20 giliran 243 jemaah dan 3 PHD dari kloter 92 yang akan pulang.

Kloter terakhir yang akan pulang adalah 94c (99) terdiri dari 19 jemaah, dijadwalkan pulang tanggal 3 agustus 2023 pukul 20.15.

Jika tidak ada perubahan, total jemaah yang akan kembali ke tanah air yaitu sebanyak 864 orang. Jumlah itu setelah ada pengurangan 3 jemaah meninggal dunia dan 2 jemaah pulang lebih awal. (Wahyu Adhi).

News Reporter

Tinggalkan Balasan